Baznas Diminta Berinovasi Tingkatkan Perolehan Zakat Profesi

KARIMUN – Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim meminta kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Karimun untuk berinovasi dalam meningkatkan jumlah zakat penghasilan yang dipungut.

“Kita buatkan sosialisasi di kapal-kapal, kedai makan dan warung kopi. Buat sticker tempel ditempat umum. Bahkan di sarung bangku kapal juga bisa kita  buat. Kerjasama dengan Bank Riau Kepri,” kata Anwar saat menghadiri pendistribusian zakat profesi triwulan pertama di Masijd Baitul Karim Kecamatan Karimun, Kamis (29/3).

Degan gencar melakukan sosialisasi seperti itu, Anwar behrarap agar masyarakat dapat tergugah dan sadar akan kewajiban membayar zakat. Sehingga dana yang terkumpul akan semkin banyak dari tahun sebelumnya. Yang imbasnya adalah masyarakat penerima pun akan terbantu.

“Melalui rizki yang disisihkan masyarakat dengan perantara Baznas, akan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat dan akan dapat dirasakan langsung oleh penerima,” kata Anwar.

Ketua Baznas Kabupaten Karimun, Atan AS mengatakan, total dana yang diserahkan pada periode pertama tahun 2018 ini sebanyak Rp440 juta dan akan diserahkan kepada 982 penerima.

Dengan rincian sebanyak 261 di Kecamatan Karimun, 257 Kecamatan Tebing, 182 dari Kecamatan Meral dan 60 diantaranya dari Kecamatan Meral Barat. Selain itu ada 171 fisabilillah, yang terdiri dari 52 masjid.(*)