Kundurnews – Banyak pasangan suami-istri memiliki anak merupakan kebahagiaan yang tak ternilai. Bahkan beberapa pasangan menginginkan memiliki anak kembar. Anak kembar mempunyai sensasi dan cerita tersendiri. Sayang, memiliki anak kembar tidak mudah. Jika ada riwayat keluarga yang mempunyai anak kembar peluang memiliki anak kembar lebih besar. Selain faktor genetik, ada beberapa tips yang harus dijalani, dikutip dari tempo.co.

Jika peluang memiliki anak kembar hanya 1 persen, ada beberapa cara tertentu untuk meningkatkan peluang tersebut. Sebagai langkah awal, konsultasikan dengan dokter kandungan Anda tentang peluang dan keinginan untuk memiliki anak kembar.

Berikut beberapa tip dari laman Boldsky untuk memiliki peluang mempunyai anak kembar:

*Asam folat
Konsumsi suplemen kesuburan seperti asam folat dapat meningkatkan peluang kesuburan. Konsumsi asam folat memicu terbentuknya anak kembar, karena ovarium dapat melepaskan dua telur. Konsultasikan ke dokter tentang peluang ini.

 

*Usia matang 
Beberapa penelitian mengklaim bahwa wanita usia matang yang mendekati masa menopause, memiliki kesempatan lebih tinggi untuk hamil anak kembar. Indung telur mereka diduga dapat melepaskan 2 telur dalam satu siklus. Namun perlu diperhatikan juga usia lanjut mempunyai risiko lebih besar saat hamil.

*Konsumsi pil KB
Konsumsi pil KB yang tidak konsisten dapat memicu hiperovulasi. Hiperovulasi ini dapat meningkatkan peluang mempunyai anak kembar.

*Konsumsi susu, singkong dan akar maca
Wanita yang banyak minum susu dan umbi-umbian seperti singkong, ubi maupun kentang memiliki zat yang memicu hiperovulasi. Hiperovulasi ini meningkatkan peluang memiliki anak kembar meskipun tidak ada jaminan.

*Hamil saat menyusui
Dalam masa menyusui, hormon berada dalam konisi stabil sehingga pembuahan dapat terjadi secara maksimal. Hal ini meningkatkan peluang hamil anak kembar.

*Fertilisasi In vitro
Program fertilisasi dengan cara in vitro, menanamkan embrio kembar pada organ reproduksi wanita, dapat meningkatkan peluang memiliki anak kembar. Meskipun tidak ada bukti kuat untuk ini, lebih baik untuk meminta petunjuk dokter.

*Implantasi
Konsultasikan kepada dokter tentang implantasi beberapa telur. Hal ini memungkinkan berhasil bagi pasangan yang ingin memiliki anak kembar.