Enok  — Menjaga wilayah binaan agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), merupakan tugas rutin yang dilakukan oleh personil Babinsa Koramil 02/Tanah Merah jajaran Kodim 0314/Inhil.

 

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 02/Tanah Merah Serda Oki Sandra melaksanakan patroli rutin bersama 5 masyarakat desa Sungai Rukam, kecamatan Enok kabupaten Indragiri Hilir, Rabu (19/4/2023) pagi.

 

Saat dikonfirmasi awak media, Serda Oki Sandra mengatakan bahwa kegiatan patroli Karhutla dilakukan secara rutin agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan masyarakat yang ada di wilayah binaan nya.

 

“Iya walapun dalam melaksanakan ibadah puasa, namun tidak melemahkan tugas dan pokok tanggung jawab saya sebagai prajurit TNI dalam hal ini melakukan antisipasi kebakaran lahan masyarakat,” jelasnya.

 

Dikatakan Serda Oki Sandra dalam pelaksanaan patroli di kebun-kebun masyarakat yang rawan terjadinya kebakaran, dibantukan oleh masyarakat peduli api (MPA).

 

“Kita bersama-sama melakukan patroli di daerah yang sering terjadi kebakaran lahan masyarakat. Untuk itu kita mematok tanda dan memberikan zona yang harus di lalui saat melakukan patroli,” katanya.

 

Ia juga mengungkapkan saat melakukan patroli ditemukan pemilik kebun, tidak luput diberikan sosialisasi bahaya melakukan membakar lahan.

 

“Itu yang kita lakukan dulu, supaya mereka paham, oh ini bahaya membakar lahan, dapat mengakibatkan bencana kabut asap, pernapasan kita nantinya akan tergganggu, dikarenakan udara yang kita hirup sudah tidak sehat lagi. Dan yang terpenting itu dapat di penjara, nah kita kasih masukan supaya mereka paham dan tidak sesuka hati lagi membakar lahan,” tandasnya.

 

Terakhir, Serda Oki Sandra mengungkapkan dalam pelaksanaan patroli dan sosialisasi Karhutla di Wilayah desa Sungai Rukam kecamatan Enok, tidak ada ditemukan titik api dan asap hasilnya nihil.

 

“Alhamdulillah hari ini dan semoga kedepannya, tidak ada diwilayahnya teritorial Koramil 02/Tanah Merah ditemukan titik api, sehingga tugas dan tanggung jawab kami sebagai babinsa di desa-desa mampu mencegah dini terjadinya kebakaran,” tutupnya.