Kundur News.

Polemik terkait sosok calon Kapolri pengganti Jendral Pol. Badrodin Haiti masih belum terpecehakan. Bahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga saat ini masih belum memastikan pengganti Badrodin yang akan pensiun dalam waktu dekat ini.

Meski begitu, spekulasi terkait sejumlah nama perwira tinggi (PATI) calon pengganti Badrodin sebagai Kapolri pun terus bermunculan. Nama Wakapolri Komjen Pol Budi Gunawan merupakan salah satu yang santer jadi perbincangan sebagai sosok kuat calon Kapolri. Demikian dilansir berita harian.

Pakar Hukum Tata Negara dari Universitas Indonesia (UI), Irman Putra Sidin, berpendapat Presiden bisa langsung mengajukan Wakapolri Budi Gunawan sebagai pengganti, karena sebelumnya Presiden pernah mengajukan namanya sebagai Kapolri, dan lolos dalam fit and proper test di DPR.

Tiket tersebut belum hangus, sehingga yang paling berpeluang untuk dilantik sebagai Kapolri saat ini adalah BG.

“Tiket tersebut belum hangus, sehingga yang paling berpeluang untuk dilantik sebagai Kapolri saat ini adalah BG,” kata Irman, Selasa 14 Juni 2016.

Sekali lagi Irman menegaskan bahwa wacana perpanjangan masa jabatan Kapolri menurutnya undang-undang tidak mengatur mekanisme itu. Namun, perpanjangan masa jabatan hanya bisa dilakukan pada anggota Polri yang memiliki keahlian khusus.

Atas dasar itu, bila Jokowi hendak memperpanjang masa jabatan, tindakan itu akan berlaku pada Badrodin sebagai anggota Polri, bukan jabatan Kapolri.

“Ya tergantung alasan presiden karena yang bisa diperpanjang Badrodin Haiti sebagai anggota Polri, bukan sebagai Kapolri. Dan untuk memperpanjang ada kebutuhan akan keahlian khusus beliau sebagai anggota Polri bukan sebagai Kapolri,” jelasnya.