Bupati Asahan Pimpin Upacara Peringatan Hari Guru Nasional Ke 78 Tahun 2023

ASAHAN – Pemerintah Daerah Kabupaten Asahan menggelar peringatan upacara bendera Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia ke-78 Tahun 2023 tingkat Kabupaten Asahan yang dilaksanakan di halaman SMP N I Kisaran dengan mengusung tema “Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar” , Sabtu (25/11/2023).

Dalam kesempatan tersebut bertindak sebagai inspektur upacara, Bupati Asahan H. Surya Bsc dan juga di dampingi Wakil Bupati Asahan serta
peserta upacara merupakan para guru yang bernaung di PGRI Kabupaten Asahan, pelajar Sekretaris Daerah Kab Asahan, Asisten, OPD, Ketua TP PKK beserta Pengurus dan ketua Darma Wanita tamu undangan lainnya.

Pidato Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim di bacakan oleh Bupati Asahan H. Surya Bsc mengatakan saya optimis bahwa semua pendidik di seluruh Indonesia masih akan terus bergerak mewujudkan Merdeka belajar keyakinan ini tumbuh dari hal-hal yang berhasil kita capai bersama dalam 4 tahun terakhir.

Dikatakannya tahun pertama Merdeka belajar, kita menghapus ujian nasional dan memberi kepercayaan kepada guru untuk menilai hasil belajar muridnya. Kita menerapkan assessment nasional agar kita semua berfokus menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan menyenangkan lingkungan belajar yang menumbuhkan kemampuan literasi dan numerasi serta karakter murid.

Selanjutnya, kita meluncurkan kurikulum merdeka jika asesmen nasional mengukur Tujuan perubahan, kurikulum Merdeka memberikan petunjuk jalan mencapai tujuan itu. Maka kurikulum merdeka adalah kurikulum yang ditunggu-tunggu para guru, karena tidak hanya meringankan beban murid berkat pengurangan pada jumlah materi, dan penekanan pada pemahaman yang mendalam tetapi juga memerdekakan guru untuk mengolah kreativitasnya dan berinovasi dalam mengemban pembelajaran yang menyenangkan sesuai kebutuhan murid.

Kemudian ruang untuk belajar dan berbagi di antara sesama guru juga kini semakin luas dengan adanya platform Merdeka mengajar ciptaan guru di seluruh Indonesia saling belajar dan menginspirasi satu sama lain dalam menerapkan kurikulum merdeka.

Terobosan besar kita hadirkan dengan meluncurkan pendidikan Guru penggerak. Program ini berbeda dari pelatihan guru yang sudah ada sebelumnya, karena tujuan nya untuk mendorong lahirnya generasi guru, kepala sekolah dan pengawasan sekolah yang mampu memimpin perubahan nyata.

Terakhir, yang juga sangat membahagiakan adalah kita sudah semakin dekat untuk mencapai target satu juta guru Asn PPPK guna memenuhi kebutuhan guru dan meningkatkan kesejahteraan para pendidik.

Kemudian Bupati Asahan Dan Wakil Bupati Asahan berkesempatan menyerahkan penghargaan sertifikat dari Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Bunda Paut Tingkat Nasional kepada Bunda PAUD Kabupaten Asahan, Sumatera Utara dalam mendukung Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenagkan.

Selanjutnya kegiatan tersebut juga dirangkai dengan Pemotongan Nasi Tumpeng dan pelepasan Balon ke udara, serta pemberian hadiah kepada Guru berprestasi tingkat Kabupaten Asahan kategori ASN Sekolah Dasar (SD), (SMP), dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional dan Hut PGRI ke 78 tahun 2023.

1. Muliana, S. Pd UPTD SDN 018439 juara I
2. Evi Wahyuni. S. Pd UPTD SDN 013832 Rahuning juara 2
3. Agustinawati, S. Pd UPTD SDN 016550 Sei Kamah II juara 3

1.Muhammad Sopingi, S. Pd UPTD SMPN B. P mandoge Juara I
2. Novieyenty, S. Pd UPTD SMPN 1 Silau Laut juara 2
3. Ida Rosiana Imelda Manalu, S. Pd UPTD Pulo Bandring juara 3

Guru berdedikasi tingkat Kabupaten Asahan kategori ASN Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional dan Hut PGRI ke 78 tahun 2023.
1. Farida Hafni Lubis, S. Pd UPTD SDN 018485 Tomuan Holbung
2. Susilawati, S. Pd UPTD SMPN 1 Pulau Rakyat

Guru Inovatif tingkat Kabupaten Asahan kategori guru ASN Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional dan Hut PGRI ke 78 tahun 2023.
1.Sri Hartati, S. Pd, M. Hum KB Daarul Ilmi
2.Rini Fantio, S. Pd TK Swasta Riri Asahan Jaya
3.Megawati Tamba, S. Pd TK Darussalam Islamic School
4.Perluhutan Sihombing, S. Sir GR UPTD SMP Negeri 1 Sei Kepayang.(Bg)

Previous articlePemkab Asahan Sosialisasi Budaya Baca dan Literasi
Next articleBupati Asahan Buka Musda VII DPD PKB Pujakesuma Kabupaten Asahan