Anambas – Anggaran pengentasan kemiskinan tahun 2015 untuk Kabupaten Kepulauan Anambas yang bersumber dari anggaran Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, hingga kini masih belum juga dikucurkan. Anggaran yang belum dicairkan tersebut, mencapai hingga puluhan miliar Rupiah. Dalam pada itu, Masyarakat Kepulauan Anambas berharap pada tahun 2016 ini, anggaran tersebut agar dapat segera dicairkan. Sementara pemerintah daerah pun sudah kualahan menjawab pertanyaan pertanyaan dari masyarakat terkait dengan beberapa proyek yang macet.

“Kami binggung menjelaskan kepada masyarakat,” Kata Sekretaris Bappeda Abdul Rasyid Kepada wartawan, Kamis (04/02/16).

Ia mengaku sampai saat ini masyarakat terus saja mempertanyakan anggaran tersebut. Pihkanya hanya dapat memberi penjelasan dan berjanji akan segera membayarkan anggaran yang telah dilaksanakan sebelumnya. Selain itu pemerintah belum dapat memutuskan yang pasti terkait kapan anggaran tersebut dapat dicairkan.”Ya mudah-mudahanlah tahun ini bisa dicairkan,” ucapnya.

Rasyid menjelaskan, ada beberapa dinas yang belum di cairkan, seperti di Dinas Kesehatan sekitar Rp.6 Miliar, Distanhut Rp.2 M, DPU Rp.4 M dan ditambah lagi Bagian Ekonomi yang menangani beras miskin sekitar Rp. 1 Miliar lebih.

Lanjutnya pemerintah daerah Kepulauan Anambas (KKA) masih berupaya secara maksimal untuk mencari solusi tentang pembayaran anggaran yang sempat tertunda. Dalam waktu dekat ini pihak pemerintah daerah akan mempertanyakan kembali persoalan tersebut.”Tetap kita upayakan pembayaran anggaran tersebut, jika anggaran tersedia.*

Oleh : Firman.D
Berita Kab Kep Anambas