Kegiatan Mengedukasi Anak Negeri GGD Karimun
Kegiatan Mengedukasi Anak Negeri GGD Karimun

BELAT – Berlokasi di Desa Sungai Asam tepatnya SD Negeri 007 Belat, Guru garis depan (GGD) Karimun mengadakan kegiatan Mengedukasi Anak Negeri (MeAN) yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Karimun, Bakri, Jumat (01/03).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh beberapa kepala bidang dan seksi di lingkungan dinas pendidikan, siswa, guru, orang tua serta tokoh masyarakat setempat. Peserta kegiatan ini berasal dari siswa-siswi SD dan SMP di sekitar Pulau Belat.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Karimun, Bakri, mengapresiasi kegiatan MeAn yang diinisiasi oleh GGD Karimun, yang merupakan pertama di wilayah Kepulauan Riau.

“Semoga kegiatan ini menjadi kegiatan rutin dalam kampanye pendidikan dan para guru garis depan ini bisa terus mengembangkan diri agar berkembang bersama dengan guru dan lingkungan di wilayah kerjanya dalam kelompok kerja guru (KKG).” ujar Bakri

Kegiatan MeAN ini merupakan sebuah gerakan memotivasi di bidang pendidikan kepada seluruh elemen pendidikan di daerah Belat khususnya dan Karimun umumnya.

Adapun rangkaian kegiatan MeAn ini diawali dengan penyambutan rombongan kepala dinas dengan iring-iringan kompang dan pantun. Selanjutnya, Kepala Dinas beserta rombongan me-launching pojok baca di SD Negeri 007 Belat yang berjumlah empat buah. Kemudian dilanjutkan dengan penandatangan spanduk motivasi pendidikan, penanaman bibit pohon dan pembukaan secara resmi.

Setelah resmi dibuka, kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan talkshow motivasi yang mengangkat tema, “student today, leader tomorrow.” Harapannya siswa, guru dan para orang tua lebih bersemangat dalam menghadapi dunia pendidikan hari ini.

Para siswa diharapkan mampu mengambil semangat meraih cita dari pemaparan para pembicara yang dalam hal ini diisi oleh Kadisdik Karimun, Camat Belat serta Akhiruddin, yang merupakan aktivis pendidikan daerah 3T yang berasal dari Sulawesi Selatan.

Kegiatan lain yang juga dilaksanakan dalam MeAn ini antara lain berupa membuat karya bernilai dari barang bekas, lapak baca buku, nonton bareng film pendidikan, permainan edukatif, mewarnai, membaca dan konversi komik dengan pementasan, sosialisasi cuci tangan dan gosok gigi yang benar serta pelatihan perilaku generasi emas bagi siswa SMP.

Di akhir acara, diumumkan pemenang lomba dan pemberian hadiah serta donasi.

Di samping mendapat dukungan penuh dari pihak dinas pendidikan kabupaten Karimun, acara ini juga dapat terselenggara dengan baik berkat bantuan banyak pihak mulai dari sekolah, tokoh masyarakat sekitar serta Telunas Resort.*