Anambas – Polres Anambas berharap budaya pungli tidak ada lagi terjadi di Kabupaten Kepulauan Anambas, sejak terjadi tangkap tangan pada tahun 2018 lalu, semoga menjadi pengajaran bagi kita semua.

Hal itu disampaikan Waka Polres Anambas, Komisaris Polisi Rafizal Amin dalam sosialisasi saber pungli kepada Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Anambas Selasa aore (05/03/2019).

“Hal ini merupakan tindak lanjut dari amanat Peraturan Presiden RI Nomor 87 Tahun 2016 Tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar  atau Satgas Pungli,” terang Rafrizal Amin.

Kegiatan tersebut digelar diruang Rapat Eks Kantor Bupati, yang dihadiri oleh Kepala Inspektorat dan Seluruh Jajaran DPD KNPI Anambas serta rekan satgas saber pungli Anambas.

BACA :  Bhakti Sosial Polsek Palmatak Dalamrangka HUT Bhayangkara Ke - 73

Lebih lanjut Waka Polres Anambas itu juga melaporkan bahwa pungli telah menjadi budaya di masyarakat, maka untuk menekan kebiasaan tersebut, satgas pungli Kabupaten Kepulauan Anambas akan memperbanyak sosialisasi di tahun 2019.

“Saya himbau agar kita pemuda dapat selalu memberikan info kegiatan pencegahan pungli ini kepada masyarakat. Saya juga berharap agar masyarakat selalu melaporkan segala bentuk tindakan pungli,” himbaunya.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Anambas Augus Raja Unggul menekankan bahwa sosialisasi ini merupakan penyegaran kembali untuk mengingatkan kita bahwa Kabupaten Kepulauan Anambas saat ini telah memiliki Satgas Saber Pungli.

BACA :  Laporan Hasil Operasi Ketupat, Seligi 2019, Dan Pengamanan Pemilu 2019, Di Mapolres Anambas

“Satgas inilah yang nantinya akan melakukan fungsi pencegahan terhadap praktik pungli. Selain itu satgas juga memiliki fungsi intelijen, penindakan dan yustisi,” ungkap Augus.

“Semoga dengan adanya satgas ini, pelayanan publik menjadi lebih baik. teman teman pemuda bisa turut andil dalam pencegahan,” harapnya.

Peran pemuda tentunya sangat penting dalam upaya pemberantasan pungli guna mendukung reformasi di bidang hukum dan mewujudkan pemerintahan yang adil.

Selanjutnya di akhir acara Tim UPP Saber pungli Anambas memberikan Cinderamata/Plakat kepada Ketua KNPI Hafiz Rhiandy dan pengurus sebagai bentuk mitra UPP Saber Pungli dengan DPD KNPI Anambas.

BACA :  Bhakti Sosial Polsek Palmatak Dalamrangka HUT Bhayangkara Ke - 73

Di tempat yang sama Ketua KNPI Anambas Hafiz Rhiandy berharap kegiatan kemitraan yang dilakukan oleh Tim UPP Saber Pungli Anambas menjadi modal besar untuk merubah pola pikir yang selama ini sudah mendarah daging.

“Menjadi modal penting Tim UPP Saber Pungli yang dimana tahun 2019 lebih banyak melakukan titik titik sosialisasi pencegahan pungli, dan pemuda (KNPI) menjadi mitra strategis Tim UPP Anambas dalam pelopor pencegahan pungli di bidang kepemudaan” tutupnya.*