Proses evakuasi ABK kapal
Proses evakuasi ABK kapal

Kundur News – KARIMUN – Satu unit kapal jarring ikan milik nelayan karam karena ditabrak oleh tugboat di perairan Takong Iyu, Selasa (11/7) sekitar pukul 03.05 WIB dini hari. Lokasi kejadian persis satu mil dari Posal Takong Iyu.

Tidak bertanggungjawab, Penabrak kapal ikan nelayan tersebut langsung kabur sehingga semua isi kapal berupa jaring dan hasil tangkapan 60 kilogram, berikut kapal berkapasitas 2 Grestone (GT) pun tak dapat diselamatkan dan tidak ada ganti rugi.

Beruntung nakhoda beserta dua orang anak buahnya berhasil menyelamatkan diri dengan cara berpegangan pada badan kapal yang kebetulan pada bagian atapnya masih dapat diduduki, meski seluruh badan kapal sudah berangsur karam.

Kapal berbendera Indonesia milik Darman warga Moro itu dinakhodai oleh Ifin (40), bersama dua orang anak buah kapalnya bernama Azmain (37) warga Moro dan Irfan (16) warga Tembilahan-Riau.

Adapun kronologis karamnya kapal ikan milik masyarakat Kabupaten Karimun yang ditabrak tugboat itu berawal dari aktifitas yang baru akan dilakukan para ABK dan nakhoda kapal untuk mengangkat jaring yang sudah ditebar di perairan Takong Iyu, dengan posisi kapal sudah legi jangkar.

“Saya sudah mengetahui adanya tugboat yang tidak ada namanya akan melintas dan tepat bada depan kapal yang kami naiki. Melihat arah tugboat itu makin dekat maka saya langsung memutuskan tali jangar guna menyelamatkan kapal dan menghindari hal yang tidak diinginkan,” terang nakhoda kapal, Ifin.

Namun menurutnya, belum sempat lagi ia menyalakan mesin kapal karena pergerakan mesin lambat lantaran menggunakan cara manual, maka tugboat tanpa nama itu pun semakin mendekat dan langusng menabrak kapal ikan yang ia gunakan untuk melaut.

“Setelah menabrak, tugboat itu pun melarikan diri dan tidak menghiraukan kapal kami walaupun sudah berusaha meminta pertolongan dari tugboat itu. Kapal kami pun berangsur tenggelam, kami berupaya menyelamatkan diri dengan cara duduk dan sebagian ada yang pegawang pada badan kapal yang semakin tenggelam,” jelas Ifin lagi.

Beruntung mereka semua berhasil diselamatkan oleh kapal kargo kayu milik Ayong Dumai sekitar pukul 11.00 WIB, kemudian lansung ditolong untuk evakuasi dan dibawa ke Tanjung Balai karimun.

Seluruh ABK Kapal dilakukan pemeriksaan kesehatan
Seluruh ABK Kapal dilakukan pemeriksaan kesehatan

Sementara, Danlanal Karimun, Letkol Laut (P) Totok Irianto membenarkan peristiwa tabrak lari kapal jaring nelayan tersebut. Menurutnya sekira pukul 12.00 wib Tim Sar Posal Takong Iyu dengan menggunakn speed boat 40 PK langsung menuju kapal kargo yang mengevakuasi tiga orang nelayan kemudian ketiganya dibawa ke Dermaga Ujung Pasir panjang (Posko Takong Iyu).

Pukul 12.40 WIB para ABK dan nakhoda langsung dievakuasi menuju Karimun mengunakan Randinas Lanal TBK Mobil Kuda. Sekitar pukul 13.30 WIB korban tabrak lari tugboat itu tiba di Lanal TBK dan diterima oleh Kopda Beni dan Klk Aris. Korban pun langsung diberikan pertolongan pertama dengan memeriksa kondisi kesehatan mereka.*