Fakta tentang suplemen berenergi ini sebelum mengonsumsinya

Kundur News.

Ketika tubuh lelah, letih dan kurang bersemangat atau juga saat sedang beraktivitas berat dan juga melakukan program diet, tidak sedikit yang menggunakan suplemen serta makanan atau minuman yang dipercaya mampu membantu tubuh.

Banyak orang yang percaya bahwa suplemen atau minuman berenergi mampu meningkatkan stamina atau juga dapat membuat tubuh lebih sehat atau baik. Benarkah demikian?

Ternyata, tidak semua pemikiran akan pemakaian suplemen dan minuman berenergi itu benar. Memang ada beberapa yang benar, namun ada pula beberapa lainnya yang salah.

Berikut ini mitos dan fakta terkait suplemen dan minuman berenergi.

Mitos: Suplemen untuk diet diproduksi untuk mereka yang tidak memiliki waktu makan seimbang
Fakta: Seperti namanya, suplemen adalah makanan pembantu yang digunakan untuk mengisi kekurangan zat atau nutrisi yang tidak disediakan oleh makanan lain.Dengan mengonsumsi suplemen, maka kekurangan seseorang akan vitamin dapat tercukupi.
Sayangnya, banyak orang yang salah mengartikan bahwa dengan mengonsumsi suplemen secara random atau ngawur maka semua nutrisi yang dibutuhkan dapat tercukupi.

Contohnya saja, ketika tubuh kekurangan karbohidrat, maka dengan secara ngawur mengonsumsi suplemen yang tidak berkaitan atau mengandung karbohidrat dapat membuat seseorang akan kelebihan jumlah nutrisi yang seharusnya tidak diperlukan oleh tubuh dan hal ini justru akan meningkatkan jumlah kalori yang nantinya akan mengendap menjadi lemak.

Mitos: Suplemen digunakan untuk membangun otot
Fakta: Menurut Mathieu Viscuso, seorang pendiri dari Fitness Boutique menjelaskan bahwa sekarang ini ada banyak sekali jenis suplemen bernutrisi yang diproduksi dan dipasarkan. Maka jangan sembarangan mengonsumsi suplemen jika tidak mengetahui fungsi dari makanan tambahan tersebut.

Contohnya saja suplemen yang mengandung protein dan asam amino berfungsi bagi mereka yang ingin meningkatkan pemulihan fisik dan membangun kembali serat otot setelah melakukan aktivitas berat dan membuat massa otot meningkat. Suplemen yang mengandung karbohidrat berfungsi sebagai bahan bakar yang diperlukan tubuh untuk membantu mempertahankan dan meningkatkan kinerja otot selama latihan. Dan masih banyak lainnya.

Mitos: Suplemen adalah doping
Fakta: Menurut badan kesehatan dunia, doping adalah suatu jenis makanan atau minuman yang di dalamnya mengandung banyak sekali zat yang dilarang karena dapat meningkatkan stamina secara cepat dalam waktu singkat.

Dalam hal ini, suplemen untuk olahraga bukanlah termasuk doping karena di dalamnya lebih berisikan zat yang berfungsi untuk membantu otot dan mengisi kembali nutrisi lain yang hilang dari tubuh.

Mitos: Minuman energi dan suplemen sangat berisiko terhadap kesehatan
Fakta: Ada benar dan ada juga salahnya. Produk-produk tersebut diciptakan memang untuk memberikan efek khusus terhadap tubuh, khususnya yang kehilangan energi atau kekurangan zat atau nutrisi lain yang hilang saat melakukan diet atau sedang beraktivitas berat.

Akan menjadi satu hal yang berakibat buruk bagi kesehatan jika penggunaannya secara ngawur dan berlebihan. Oleh karenanya, baca dulu instruksi pemakaian dan seimbangkan antara aktivitas atau program diet yang dilakukan dengan penggunaan produk-produk tersebut.

 

 

 

 

(Merdeka.com)