Salah satu peserta festival bedug takbiran di Panggung Seni dan Budaya, Lapangan Tugu Nanas Kecamatan Kundur Utara, Sabtu malam (10/8)

KARIMUN – Malam hari raya Idul Adha di wilayah Kecamatan Kundur Utara dimeriahkan dengan festival beduk, yang digelar di Panggung Seni dan Budaya Lapangan Tugu Nanas Kelurahan Tanjungberlian Kota Kecamatan Kundur Utara, Sabtu (10/8) malam.

Dalam festival bedug tersebut, diikuti sebanyak tujuh grup, dengan mengatas namakan sekolah, TPA atau wilayah tempat tinggal.

Camat Kundur Utara, Saipol mengatakan, kegiatan tersebut sebagai pengganti pawai takbir keliling yang biasanya tiap hari raya pasti dilaksanakan.

“Ini perdana kita lakukan, yang diawali dengan berkoordinasi dengan ketua ormas yang ada. Semoga kegiatan festival beduk takbir ini dilaksanakan rutin tiap tahunnya,” ujar Saipol.

Dia berharap, kegaitan yang tujuannya untuk syiar Islam itu harus dapat diteruskan.

Sementara, Panitia Pelaksana Perayaan Hari Besar Islam (PHBI) Kecamatan Kundur Utara, Abdul Karim menyebutkan, para peserta diberikan kesempatan untuk berkreasi sebaik mungkin.

“Tentunya yang kreatif, serasi dan selaras anara ketukan pukulan beduk dengan lantunan takbirnya seiring, sehingga bisa menjadi juara,” ucapnya.

Dalam festival tersebut, masyarakat yang merayakan malam Hari Raya Idul Adha tampak antusias, mereka mengerumuni lokasi digelarnya festival bedug takbir di Panggung Seni dan Budaya Tugu Nanas Kecamatan Kundur Utara.(*)