Hungaria Tawarkan Peningkatan Kerjasama Pendidikan Kepada Bali

    Bali merupakan Provinsi yang memegang peran sangat penting bagi Hungaria. Mengingat Bali menjadi tujuan wisata utama bagi warga Hungaria.

    Kundur News – Denpasar – Hungaria menawarkan peningkatan kerjasama pendidikan kepada pemerintah provinsi Bali. Salah satu bentuknya dalah pemberian beasiswa bagi para mahasiswa asal Bali yang ingin belajar di Hungaria. “Beasiswa tidak hanya biaya kuliah namun juga  biaya hidup, “ kata Duta Besar Hungaria untuk Indonesia H.E. Judit Nemeth–Pach saat bertemu Gubernur Bali Made Mangku Pastika di Renon-Denpasar,  Senin (9/10).

    BACA: Thailand Jajaki Kerjasama Pertanian dan Pariwisata dengan Bali

    Nemeth–Pach menyampaikan bahwa Bali merupakan Provinsi yang memegang peran sangat penting bagi Hungaria. Mengingat Bali menjadi tujuan wisata utama bagi warga Hungaria, sehingga apa yang terjadi pada Bali akan menjadi perhatian pula bagi negara Hungaria. Termasuk peningkatan aktifitas dari Gunung Agung.

    Lebih jauh, Dubes Hungaria juga mengutarakan  peningkatan  kerjasama disektor lainnya seperti dalam bidang ekonomi, pertanian serta budaya. Bahkan pihaknya berencana melakukan pengembangan sektor pertanian dengan memanfaatkan buah lokal Salak Karangasem sebagai minuman khas Bali yang akan dipasarkan di Hungaria.

    Terkait tawaran beasiswa bagi para mahasiswa, Gubernur Pastika menyambut baik dan mengapresiasi perhatian yang diberikan pemerintah Hungaria terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia Bali.

    “Bali itu tidak punya kekayaan alam seperti wilayah lainnya. Kita hanya punya budaya, alam dan sumber daya manusia. Untuk itu peningkatan SDM sangat diperlukan, saya mengapresiasi segala bentuk beasiswa yang diberikan, “ jelas Pastika.

    Demikian pula halnya dengan rencana pengembangan sektor pertanian dengan memanfaatkan buah lokal salak, Gubernur menyambut baik rencana tersebut seraya berharap akan dapat meningkatkan pendapatan para petani sehingga pertanian nantinya akan bangkit dan menjadi mata pencaharian yang menjanjikan dimasa yang akan datang.*