Islamic_centre_akan_segera_ dibangun_di_paya_togok_tanjungbatu
Foto : Ilustrasi Plan Islamic Centre

Kundur News – TANJUNGBATU. Pemerintah Kabupaten Karimun (Pemkab Karimun) dalam waktu dekat atau didalam tahun 2017 ini akan segera bangun sebuah wadah, yakni Pusat Islamiah (Islamic Centre) di Pulau Kundur tepatnya di Paya Togok Tanjungbatu.

Hal itu disampaikan Bupati Karimun H Aunur Rafiq, pada saat acara pembukaan MTQ Tingkat Kecamatan Kundur di Balai Pemuda dan Olahraga Tanjungbatu, ahad (12/02).

“Dalam waktu dekat ini, atau di tahun 2017 ini Pemerintah Kabupaten Karimun akan segera membangun Islamic Centre yang berlokasi di Paya Togok Tanjungbatu, dan nantinya Islamic Centre ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di 3 Kecamatan di Pulau Kundur, serta Belat dan Kecamatan Ungar”.

BACA :  Piala Juara Umum STQ Kepri Diarak Keliling Kota Karimun

Lebih lanjut Rafiq menyampaikan, pembangunan Islamic Centre ini nanti akan dilakukan secara bertahap, dan pembangunan Masjid akan terlebih didahulukan, karena menurutnya di Pulau Kundur ini belum ada Masjid yang dibangun oleh Pemerintah.
Pembangunan Masjid akan menelan biaya sebesar Rp. 6 Miliar, sedangkan pembangunan Islamic Center keseluruhannya sekitar Rp. 20 Miliar, yang bersumber dari APBD Kabupaten Karimun.

Masih menurut Rafiq, pembangunan Islamic Centre itu nanti diperlukan bagi masyarakat pada kegiatan-kegiatan islami, manasik & Balai pertemuan haji, sebagai media sumber ilmu keagamaan serta sebagai media olah aspek-aspek lain kehidupan seperti halnya dijadikan wisata religius (religious tourism).

Dengan demikian diharapkan keberadaan wadah ini nantinya mampu memberikan dampak terhadap aspek-aspek religius, memberikan pembinaan keagamaan sebagai pemenuhan kebutuhan spiritual masyarakat, khususnya masyarakat Kepulauan Kundur.*