Kundurnews – Presiden Joko Widodo meresmikan infrastruktur sistem jaringan tulang punggung pita lebar Sulawesi Maluku Papua (SMPCS), di Manokwari, Papua Barat, Minggu (10/5). SMPCS yang dicanangkan oleh PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) adalah pembangunan jaringan serat optik dengan panjang total 8.772 kilometer menghubungkan kawasan Timur Indonesia.

“Saya harap dengan adanya infrastruktur serat optik yang saat ini tersambung sampai Papua Barat, semua warga Papua bisa menikmati yang namanya Wi-Fi, jaringan internet, semua bisa dinikmati tanpa terkecuali, sama seperti di Wilayah Barat dan Timur Indonesia,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi melanjutkan, ketertinggalan wilayah Papua dengan wilayah lainnya memang saat ini masih terlihat jauh. Untuk itu Jokowi berjanji akan terus memajukan infrastruktur di pulau Cendrawasih tersebut.

“Yang sudah dibangun oleh Telkom Indonesia ini untuk membangun tanah Papua sehingga bisa mengejar ketertinggalannya. Masyarakat bisa menikmati internet secara enak dan kondisinya sama seperti di seluruh tanah air,” jelasnya.

Selain itu Jokowi juga berjanji akan membenahi, transportasi laut menuju Papua agar memudahkan pengiriman bahan-bahan pokok. Tidak hanya infrastruktur pembangunan di tanah Papua juga akan diprioritaskan ke depannya.

“Transportasi laut dan darat akan dimajukan, karena akan berimbas pada barang yang murah di Papua nantinya. Sekarang perbedaan di wilayah Barat dan Timur masih kelihatan. Tapi nanti kalau infrastruktur selesai, kurang lebih Papua akan sama dengan bagian wilayah lain. Karena pemerataan bangunan adalah syarat penting untuk pembangunan kita,” pungkasnya.

 

 

 

http://www.merdeka.com/teknologi/jokowi-semua-rakyat-papua-sekarang-bisa-pakai-wi-fi-dan-internet.html