Kondisi lambung kiri kapal akibat tersenggol tanker
Kondisi lambung kiri kapal akibat tersenggol tanker

Bintan – Kapal VOC Batavia milik PT Rempang tersenggol dengan kapal tanker di laut sekitar Merapas Berakit sekitar pukul 13:14 WIB, Kamis ( 11/10/18). Tabrakan terjadi diduga karena cuaca yang kurang baik.

Firman Edi salah satu penumpang kapal dan ketika dihubungi melalui telepon seluler membenarkan kejadian tersebut.

“Penumpang sempat panik, namun kondisi kapal VOC tidak rusak parah, hanya lambung kiri kapal remuk akibat benturan. Dan  yang terpenting adalah penumpang selamat. Kalau kapten tidak cepat mundurkan kapal VOC ke belakang, mungkin akan kena lambung tengah kapal. Kita bersyukur karena cepat dan tangkasnya kapten menghindari benturan,” ujarnya.

Dirinya menambahkan bahwa, tempat kejadian persisnya memang jalur international, di mana tempat kapal besar melintas. Selain saat kejadian dikatakannya keadaan cuaca di laut memang kurang baik, bahkan sampai  tidak keliatan haluan depan.

“Yang lebih jelas yang tahu itu sebenarnya Pak Herdi Usman, karena beliau ada didekat Kapten pada saat cuaca kurang baik,” tambahnya.

Untuk penumpang disampaikannya bahwa, tidak ada korban serius, yang ada hanya luka-luka kecil, korban akan dibawa langsung ke Rumah Sakit sesampai di Tanjungpinang.

Ada satu penumpang anak Jemaja/Letung ketika kapal tanker menabrak Kapal Ferry VOC Batavia, langsung  terjun ke laut, untungnya penumpang tersebut cepat diselamatkan,” tukasnya.*