Inhil – Untuk mencegah, kembali terjadinya kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) di Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS), Polsek GAS menggelar sosialisasi bersama masyarakat setempat. Senin (08/3/21).

Kegiatan sosialisasi tersebut, dihadiri oleh Kapolsek GAS, IPTU Agus Susanto, Bhabinkamtibmas Desa Rambaian, Bripka Samsir Situmeang, dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Sungai Empat, Bripka Atprizon, serta pemilik kebun dan Lahan yang pernah terbakar di Kecamatan, Gaung Anak Serka, sebanyak 15 orang. Di Kantor Polsek GAS, Jalan H. Hasan Thaha 08 Kelurahan Teluk Pinang, Kecamatan Gaung Anak Serka, pukul 10:00 wib pagi.

BACA :  Polres Anambas Melaksanakan Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Kesiapan Penanganan Karhutla

Dalam pertemuan tersebut Kapolsek GAS, IPTU Agus Susanto, mengumpulkan masyarakat dan pemilik kebun memberikan pembinaan sosialisasi dan himbauan kepada seluruh komponen masyarakat dan juga pemilik kebun untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar.

“Kegiatan sosialisasi dan himbauan tentang larangan membakar Lahan dan huta serta peduli dan turut serta dalam penanganan Karhutla kepada Pemilik Kebun dan lahan yang pernah terbakar di Kecamatan Gaung Anak Serka,” tuturnya.

BACA :  PT Timah Wilayah Kepri dan Riau Sigap Bantu Padamkan Kebakaran Lahan dan Rumah

Ia juga menyebutkan, pemilik kebun turut aktif peduli dan tanggap apabila ada terjadi Karhutla di sekitar perkebunan milik masyarakat.

“Apabila terjadi Karhutla, agar pemilik kebun dan lahan turut serta dan aktif dalam penanganan Karhutla yang terjadi di kebun ataupun lahan tersebut,” ujarnya.

Terakhir Kapolsek GAS ini menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk seling peduli dan saling mengingatkan agar tidak terjadi lagi kebakaran lahan dan hutan di kawan tersebut.

BACA :  Pasca Karlahut, Polsek GAS Gencar Sosialisasi

“Ki menghimbau agar pemilik lahan dan kebun juga dapat mesosialisasikan dan mengingatkan kepada masyarakat yang lain agar tidak terjadi lagi karhutla di wilayah Kecamatan Gaung Anak Serka ini,” pungkasnya.

Untuk diketahui kegiatan diperkirakan selesai sekira pukul 12.00 Wib, selama kegiatan berlangsung situasi terdapat dalam keadaan aman dan kondusif.*