kelanjutan-pencalonan-komjen-budi-jadi-kapolri-ditentukan-besok

 

Kundur News – Penetapan tersangka terhadap Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) bergerak cepat. Dia langsung memanggil wakil presiden, kepala staf, mensesneg untuk membahas nasib Budi yang akan diangkat sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Sutarman.

“Beberapa pertemuan sudah dilakukan oleh presiden, hari ini ada beberapa penugasan kepada menteri, keputusannya diambil presiden setelah besok pagi. Setelah itu baru bisa kami ke media, untuk menyampaikan apa yang diputuskan presiden, terkait pencalonan pengganti BG, akan dilanjutkan besok pagi,” ujar Seskab Andi Widjajanto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (13/1).

Meski calon tunggalnya ditetapkan sebagai tersangka, Jokowi belum berencana melakukan audiensi dengan KPK hingga malam ini. Andi mengaku masih menunggu arahan selanjutnya dari Jokowi dalam menentukan calon pengganti Budi Gunawan.

“Menunggu arahan presiden besok pagi,” tandasnya.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum mengambil sikap atas usulan calon Kapolri, Komjen Budi Gunawan yang menjadi tersangka KPK. Menurut Pratikno, Jokowi masih menunggu hasil rapat Kompolnas dengan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Tedjo Purdijatno.

“Akan dibahas tindak lanjut setelah penetapan KPK, presiden akan menyelenggarakan rapat, kompolnas lagi rapat, presiden mengundang rapat merespon menyikapi penetapan KPK,” ujar Pratikno di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (12/1).

(merdeka com)