Keterangan-Persiapan-dan-Pelaksanaan-IdulFitri-1439-di-Tanjungbatu

Tanjungbatu – Untuk lebih memberikan rasa aman dan nyaman dalam menyambut serta merayakan Idul Fitri 1439H, sejumlah petugas pelayanan masyarakat, baik dari pihak Kecamatan, Kepolisian, TNI, serta dari PHBI di Kundur ini menyatakan telah siap melaksanakannya.

Pengamanan Idul Fitri 1439 H

Pengamanan Arus Mudik melalui pelabuhan penumpang Tanjungbatu, Kapolsek Kundur Komisarsi Polisi Wisnu Edhi Sadono,SH selaku kordinator Pengamanan Arus Mudik (PAM) di Kundur mengatakan, sejumlah personil gabungan telah disiagakan. Untuk pos pengamanan di pelabuhan Tanjungbatu, aparat dari polsek Kundur terdiri dari satu pewira polri dan dua brigadir, yang bergabung dengan sejumlah dari Koramil, Posmat AL, Satpol PP, Dishubdar, Hubla, dan Puskesmas Tanjungabatu.

BACA :  Terima Kasih Sekda Provinsi Kepri, Kepada Jemaah Sholat ‘id di Kundur

Wisnu Edhi Sadono juga menambahkan kondisi pengamanan hingga saat ini, berjalan dengan tertib dan lancar dan belum terjadi lonjakan penumpang secara signifikan baik yang datang maupun yang berangkat.

“Kondisi hingga saat ini, Alhamudillah masih dalam ambang batas normal, berjalan dengan tertib dan lancar. Para petugas nampaknya enjoy dalam melaksanakan tugas, namun tetap siap, dan masyarakat kita ingatkan juga untuk tetap selalu waspada,” pesan Kapolsek, Senin (11/06/18).

Untuk lonjakan penumpang serta penambahan armada laut dalam arus mudik dan arus balik, pihak otoritas pelabuhan kantor Syahbandar Pelabuhan Tanjungbatu, enggan memberikan keterangan secara resmi. Begitu juga dengan Ponton ‘B’ di pelabuhan kedatangan, pembangunan ponton yang semestinya sudah selesai dikerjakan dan dapat digunakan pada saat ini, tampaknya belum juga dapat dimanfaatkan. Kasi Gamat Syahbandar Tanjungbatu, Eko, walau sudah berjanji untuk memberikan keterangan, tiba-tiba saja menghilang saat ingin ditemui dan mematikan hp.

BACA :  Membentuk Pribadi Yang Muttaqin Untuk Menuju Negeri Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur

Malam Takbiran

Camat Kundur mengatakan, malam Idul Fitri atau malam takbiran dilaksanakan seperti biasa, sesuai dengan hasil rapat pelaksanaan Idul Fitri 1439H. Pawai takbiran menggunakan kendaraan roda empat.

“Pawai kita menggunakan kendaraan roda empat, seperti lori, pickup, dan tidak menggunakan sepeda motor,” kata camat Ery Noval Jadinata.

BACA: Ramaikan Tujuh Likur, Pada Festival Lampu Colok 2018

Sholat Idul Fitri 1439 H

Salah satu pengurus PHBI (Peringatan Hari Besar Islam) Ispawandi mengatakan, pelaksanaan sholat Idul fitri akan dilaksanakan seperti biasa yakni di lapangan Gelora Tanjungbatu kota.

“Bertindak sebagai Imam, ustazd Abdul Rozak Nasution Alhafis, dan Khotib dari Kepala Kantor Kementrian Agama Karimun,” kata Ispawandi.

BACA :  Pemenang Pestival Parade Musik Sahur

Stock BBM

Persedian BBM selama lebaran tahun 2018 ini, diprediksikan aman atau tanpa ada kekosongan stcok.

Hal itu disampaikan oleh Camat Kundur Ery Noval Jadinata, melalui selurer, Senin (11/06/18).

“Stock BBM selama Idul Fitri, setelah kita kordinasikan, InsyaAllah aman,” kata Ery, dengan singkat.*