KARIMUN – Menjelang akhri pendaftaran bakal calon anggota legisltaif (bacaleg), baru enam partai politik yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun. Keenam partai yang dimaksud adalah Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Enam partai tersebut seakan dikomandoi dan kompak mendatangi Kantor KPU Karimun untuk mendaftar secara bersama-sama sejak Senin pagi (16/7).

Ketua KPU Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko mengatakan, dari enam parpol yang mendaftar itu dinilai belum mencapai 50 persen. Padahal sudah mendekati akhir dari waktu pendaftaran bacaleg.

“Ada 16 partai yang menjadi peserta pemilu, tapi menjelang batas akhir pendaftaran ini, baru enam yang mendaftar. Sedangkan besok, Selasa (17/7) merupakan batas akhir pendaftaran. Jumlah yang hari ini pun belum mencapai 50 persen,” ucap Eko.

Dari 16 parpol, akan ada 480 bacaleg yang bertarung jika semua berkas dan persyaratannya lengkap. Kesemuanya itu akan memperebutkan 30 kursi DPRD Kabupaten Karimun.

Dia berharap, saat hari terakhir pendaftaran semua parpol harus betul-betul melengkapi berkas dan persyaratannya. Jika tidak maka KPU tidak akan mentolerir.

“Karena batas akhirnya sampai besok (Selasa-red), maka lengkapi semuanya jangan ada yang terlewatkan. Kalau misalnya tidak terpenuhi ya tidak ada maaf bagimu. KPU tidak bisa memperpanjang waktu,” tegasnya.

Dalam pendaftaran tersebut, Partai Nasdem merupakan parpol pertama kali yang datang ke KPU untuk mendaftar. Sekira pukul 09.00 WIB rombongan yang terdiri dari Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Karimun, Anwar Hasyim bersama para pengurus partai, para bacaleg yang juga sebagai kader partai dan simpatisan. Mereka datang dengan cara berjalan kaki dari sekretariat Partai Nasdem menuju Kantor KPU, dengan jarak hampir dua kolometer.(*)