Ketua TP PKK Kabupaten Asahan Ikuti Rangkaian Kunjungan Ketua Umum TP PKK

ASAHAN – Ketua Umum TP PKK Ny. Tri Tito Karnavian beserta rombongan mengunjungi Rumah Pangan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman di Kota Binjai Provinsi Sumatera Utara, Selasa (02/05/2023). Pada Kunjungan tersebut Walikota Binjai beserta Forkopimda dan seluruh Ketua TP PKK Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara hadir menyambut kedatangan Ketua Umum TP PKK tersebut.

Walikota Binjai Drs. H. Amir Hamzah, MAP mengucapkan selamat datang kepada Ketua Umum TP PKK besarta rombongan di Kota Binjai. “Kedatangan Ketua beserta rombongan merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kami masyarakat Kota Binjai serta masyarakat Sumatera Utara pada umumnya”, ucapnya

Sementara Ketua Umum TP PKK pada bimbingan dan arahannya mengapresiasi Pemerintah dan TP PKK Kota Binjai yang telah membuat Rumah Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman di Kota Binjai. “Diharapkan kepada seluruh TP PKK Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara dapat mencontoh Kota Binjai dalam menekan angka stunting diwilayahnya masing-masing”, harapnya.

Lebih lanjut Ketua Umum mengatakan, anak-anak merupakan generasi penerus bangsa ini. “Mari kita bekerjasama, menghindarkan anak-anak kita dari resiko stunting, dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Jadikan generasi kita, generasi yang berkualitas dan bebas dari stunting”, ucapnya.

Usai mengikuti serangkaian kegiatan tersebut, Ketua TP PKK Kabupaten Asahan Ny. Hj. Titiek Sugiharti Surya mengatakan, Pemerintah bersama TP PKK dan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Asahan terus berusaha menekan angka stunting di Kabupaten Asahan dengan berbagai program kerja, diantaranya melakukan sosialisasi gemar makan ikan, pemberian tablet tambah darah bagi remaja putri, pemberian makanan tambahan balita dan ibu hamil serta sosialisasi pemahaman kesehatan reproduksi, stunting bagi calon pengantin dan edukasi pengasuhan 1000 hari pertama kehidupan bagi ibu dan keluarga. “Dengan melakukan program-program tersebut, angka stunting di Kabupaten Asahan tahun 2022 menurun menjadi 15,3 %, dimana pada tahun 2021 angka stunting di Kabupaten Asahan sebesar 18,9 %. Penurunan angka stunting ini berdasarkan Saku Hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022”, ucap Ketua TP PKK Kabupaten Asahan.

Lebih lanjut Ketua TP PKK yang dalam kesempatan tersebut didampingi oleh Wakil Ketua TP PKK Kab. Asahan dan beberapa pengurus mengatakan, TP PKK Kabupaten Asahan siap mendukung setiap program Pemerintah, apalagi program tersebut untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Asahan. Ketua TP PKK Kabupaten Asahan berharap angka stunting di Kabupaten Asahan dapat terus diminimalisir, sehingga visi dan misi Pemerintah Kabupaten Asahan dapat terwujud. Terakhir Ketua TP PKK Kabupaten Asahan mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Asahan untuk menjaga anak-anaknya dari stunting, yang berpotensi memperlambat perkembangan otak.(Bg)