Foto bersama usai Apel Siap Gerak Pengamanan Pemilu, yang digelar di Makodim 0317 Tanjungbalai Karimun, Senin (11/3).
Foto bersama usai Apel Siap Gerak Pengamanan Pemilu, yang digelar di Makodim 0317 Tanjungbalai Karimun, Senin (11/3).

KARIMUN – Dandim 0317 Tanjungbalai Karimun, Letkol Arm Rizal Analdie mengaku siap amankan pemilu serentak, yang akan berlangsung pada 17 April mendatang.

Kesiapan itu ditandai dengan digelarnya Apel Siap Gerak Pengamanan Pemilu, yang digelar di Makodim 0317 Tanjungbalai Karimun, Senin (11/3).

“Pelaksanaan pemilu sudah semakin dekat dan tinggal beberapa hari lagi. Sehingga perlu dilakukan apel pengamanan oleh internal Kodim 0317 Tanjungbalai Karimun, sebagai langkah antisipasi penanganan jika terjadi konflik,” ucap Rizal.

Dikatakan, Apel Siap Gerak dalam rangka pengamanan Pemilu serentak, sebagai tindakan atas permintaan dari Kepolisian. Sehingga Kodim 0317 pun menyatakan kesiapannya dan menamakan pengamanan yang dilakukan dengan sebutan Apel Siap Gerak Pengamanan Pemilu.

“Pada intinya kita Kodim 0317 Tanjungbalai Karimun siap membantu Polri dalam melakukan pengamanan. Kita bersama-sama menghadapi segala macam kemungkinan yang akan terjadi. Karena

TNI juga memiliki tugas dan kewajiban menjaga kedaulatan negara, maka kami siap berperan dalam membantu Polri dan Pemerintah Daerah untuk menciptakan stabilitas keamanan,” katanya.

Langkah yang dilakukan adalah mulai dari berbaur dengan kepolisian dalam melakukan pengamanan, mendeteksi dan melaporkan situasi yang terjadi

“Ketika menjalankan tugas pengamanan pemilu, para personil Kodim 0317 harus melaksanakan sesuai Rule of Engagement (ROE), yang intinya adalah bagaimana TNI memberikan bantuan kepada Polri,” tutup Rizal.(*)