Koptu Al Alim Babinsa Koramil 06/KTM Laksanakan Patroli dan Sosialisasi Karhutla 

Kateman — Sebagai upaya mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Bintara Pembina Desa (Babinsa) komando Rayon Militer (Koramil) 06/Kateman, Kodim 0314/Inhil, Koptu Al Alim melaksanakan kegiatan patroli dan Sosialisasi bertempat di wilayah desa Teritip, kecamatan Kateman, kabupaten Indragiri Hilir, Kamis (13/4/2023) pagi.

 

“Alhamdulillah hari ini saya bersama dengan masyarakat di desa Teritip melaksanakan kegiatan patroli Karhutla, di area perkebunan masyarakat,” ungkap Koptu Al Alim.

 

Ia mengatakan bahwa perintah dari komandan Koramil 06/KTM harus segera diatasi apabila ada ditemukan titik hotspot, dan juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang larangan membakar lahan.

 

Selain itu, Koptu Al Alim memberikan pemahaman kepada masyarakat, saat menjumpai masyarakat di area patroli, dengan tegas menyampaikan larangan membakar. “Karena apabila terjadi Karhutla kami (TNI) juga dan petugas lainnya yang repot untuk memadamkan api, sering terjadi kami berjibaku dengan api sampai 1 Minggu tidak pulang, jadi ulah manusia yang tidak bertanggung jawab kami juga yang sibuk jadinya, untuk itu saya berharap kepada masyarakat di desa Teritip bisa memahami dan mengerti tentang larangan membakar,” pungkasnya.

 

Terakhir menurutnya, untuk mencegah terjadinya Karhutla juga perlu kesadaran masyarakat, terutama dalam membuka lahan pertanian dengan cara dibakar dan juga adanya lahan gambut untuk di wilayah desa Teritip.

 

“Karhutla bisa terjadi tidak hanya saat musim berladang, tetapi ada beberapa penyebab lainnya seperti membakar sampah di lahan gambut atau juga bisa melalui puntung rokok, apalagi saat ini musim kemarau,” pungkasnya.

Previous articleCiptakan Wilayah yang Baik, Babinsa Koramil 02/TM Laksanakan Komsos dengan Warga Binaan 
Next articleSertu Jonni Pasaribu Babinsa Koramil 06/KTM Laksanakan Komsos dengan Warga Binaan