Launching Pilkada Serentak Tahun 2020 di Kabupaten Kwpulauan Anambas
Launching Pilkada Serentak Tahun 2020 di Kabupaten Kwpulauan Anambas

Anambas – Dalam menyambut Pilkada serentak yang akan digelar pada 23 September 2020 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Anambas (KKA), menggelar launching Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati KKA tahun 2020 di Lapangan Sulaiman Abdullah, Kelurahan Tarempa, Jum’at malam, (24/01/2020).

Ketua KPU KKA, Jufri Budi, dalam sambutannya mengatakan launching Pilkada bertujuan untuk memberikan informasi seluas-luasnya kepada seluruh masyarakat Kepulauan Anambas bahwa akan melaksanakan pemilihan serentak yaitu memilih Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Anambas serta memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepri.

“Kita berharap kepada Pemerintah Kepulauan Anambas tetap mendukung penyelenggaraan pemilihan serentak tahun 2020. Dukungan yang diperlukan dalam waktu dekat yaitu dalam pembentukan Sekretariat PPK dan PPS di Kecamatan maupun di Desa/Kelurahan dengan anggota kesekretariatan tersebut dari ASN lingkup Pemkab Kep. Anambas. Selanjutnya juga berharap kepada pihak keamanan dari TNI/Polri untuk dapat mengawal penyelenggaraan pemilihan serentak tahun 2020 agar berjalan dengan aman, sejuk dan damai. Dan juga seluruh elemen masyarakat dapat berperan aktif dan beroartisipasi dengan menggunakan hak pilihnya pada 23 September 2020 karena partisipasi pemilih sangat penting dalam pelaksanaan pemilu mengingat indikator utama legitimasi dari hasil produk pemilu tergantung jumlah partisipasi pemilih,” ujarnya.

BACA :  KPU Karimun: Tahapan Pilkada Akan Segera Dimulai

Komisioner KPU Divisi Hukum dan Pengawasan Provinsi Kepri, Widyiono Agung, mengatakan, Kegiatan launching yang dilaksanakan itu merupakan salah satu tahapan dari pelaksanaan pemilihan serentak tahun 2020 dan mensosialisasikan kepada masyarakat.

“Kegiatan dalam tahapan pemilihan serentak sedang berjalan hingga nanti terpilihnya Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan  Anambas serta Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepri,” katanya.

BACA :  Disinyalir Money Politik Berupa Paket Bahan Pokok Saat Pademi Covid-19

Widyiono Agung juga menghimbau kepada masyarakat agar bersama-sama mensukseskan dengan pemilihan serentak pada 23 September 2020, walapun berbeda-beda pilihan kita semua merupakan bagian dari satu kesatuan dalam masyarakat Kab. Kep. Anambas dan NKRI. Pihaknya berharap agar semua pihak dapat menjaga keamanan, ketertiban, sinergisitas dan siap menggunakan hak pilihnya masing-masing.

Bupati KAA, Abdul Haris dalam kesempatan itu mengajak semua pihak untuk mensukseskan Pilkada serentak tahun 2020.

“Mari kita sambut pembukaan launching Pilkada Serentak 2020 sebagai pesta demokrasi bagi kita masyarakat, karena ini kegiatan musiman yang 5 tahun sekali dalam penyelenggaraannya. Selaku mewakili Perwakilan Pemerintahan Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas kami berharap kepada penyelenggara Pilkada, stakeholder terkait serta masyarakat agar dapat berpartisipasi aktif supaya Pilkada Serentak 2020 dapat berjalan sejuk, aman dan damai,” ucap Haris.

BACA :  Ciptakan Pilkada Damai dan Cegah Covid-19 Kapolres Kepulauan Anambas Silaturahmi dengan Paslon Independen Bupati KKA

Kegiatan dihadiri juga Kapolres KKA,  AKBP Cahkyo Dipo Alam, Ketua Bawaslu KKA, Yopie Susanto, Kadishub KKA, Eko Desi, Kadis Kesehatan KKA, Herianto, Waka Polres KKA, Kompol Rafizal Amin, Pasintel Lanal Tarempa, Kapten Laut (S) Imam Hanafi, Plh. Danramil Tarempa, Peltu Amrul, Perwakilan Parpol, serta diikuti masyarakat Kepulauan Anambas sekitar 700 orang.

Launching atau peluncuran ditandai dengan menekan tombol sirene sebagai tanda mulainya demokrasi Pilkada 2020 di Anambas.