konsumsi-ikan-secara-teratur-ini-4-manfaatnya-buat-tubuh

+

+
Kundur News

Mungkin kamu sudah mendengar manfaat ikan yang baik bagi tubuh karena kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi. Untuk mendapatkan manfaat sehat tersebut, setidaknya kamu menambahkan menu ikan sebanyak dua kali seminggu.

Tentu saja, tak semua jenis ikan memiliki kandungan omega-3 yang tinggi seperti salmon, tuna, sarden dan makarel. Tak peduli jenis makanan laut apa yang kamu pilih, makanan laut menyimpan manfaat sehat bagi hati dan ingatan kamu.

Melansir dari cheatsheet, berikut ini merupakan deretan makanan yang simpan manfaat sehat jika mengonsumsi makanan laut dua kali dalam seminggu.

1. Mengurangi risiko pikun

Studi terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of American Medical Association (JAMA) menemukan bahwa mengonsumsi ikan setidaknya dua kali seminggu mengurangi risiko alzheimer hingga 47 persen. Hal ini juga didukung oleh temuan beberapa penelitian yang menunjukkan manfaat makanan laut untuk mencegah demensia.

2. Menurunkan risiko penyakit jantung

Sebuah temuan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal yang sama (JAMA) menunjukkan bahwa mengonsumsi ikan dua kali seminggu menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung. Ini karena kandungan omega-3 yang tinggi di dalamnya.

3. Mengurangi peradangan

Dalam beberapa kasus, peradangan dalam tubuh dapat merusak pembuluh darah dan memicu penyakit jantung. Untungnya, mengonsumsi ikan dua kali seminggu membantu menurunkan risiko tersebut.

Selain itu, mengonsumsi ikan juga dapat meringankan rasa sakit dan kerusakan sendi akibat rheumatoid arthritis, meskipun tidak memperlambat perkembangan penyakit.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi merupakan penyebab utama serangan jantung dan stroke. Jika kamu memiliki tekanan darah tinggi yang serius, mengonsumsi ikan dua kali seminggu membantu kamu mengurangi risiko komplikasi kesehatan. Konsumsi ikan akan membantu tubuh mengatur kadar kolesterol dengan lebih baik.

Jadi, tak ada salahnya untuk merombak menu dengan menambahkan makanan laut, terutama ikan dalam daftar makanan sehat kamu, kan? Selamat mencoba!