Masyarakat Kepulauan Nusa Penida Segera Dapat Layanan Rumah Sakit Pratama

    Kundur News – Denpasar – Masyarakat Kepulauan Nusa Penida, Klungkung-Bali akan segera mendapatkan layanan rumah sakit pratama. Kepastian tersebut terungkap saat Gubernur Bali Made Mangku Pastika meninjau kesiapan beroperasinya Rumah Sakit Pratama di Nusa Penida, Klungkung, Jumat (3/11).

    Pastika meminta agar segala persiapan terkait beroperasionalnya rumah sakit agar dipersiapkan secepat mungkin dan pekerjaan yang belum selesai agar diakselerasi pengerjaannya sehingga rumah sakit ini dapat beroperasi secepatnya.

    “Bangunan rumah sakitnya sangat bagus, peralatannya juga canggih. Sekarang tinggal siapkan sumber daya manusianya khususnya dokter spesialis, sehingga akhir November nanti bisa resmi beroperasi secara penuh,” harap Pastika.

    Dalam peninjuan yang bertepatan dengan upacara Melaspas dan Rsi Gana  dari rumah sakit tersebut, Pastika menegaskan bahwasannya Bali tidak memiliki kekayaan alam seperti minyak bumi dan batu bara. Namun Bali memiliki sumber daya manusia yang dapat terus diasah dan ditingkatkan kualitasnya yang salah satunya dapat ditempuh melalui jalur kesehatan.

    Gubernur Pastika berharap kedepannya dengan kehadiran rumah sakit Pratama ini akan dapat memberikan layanan kesehatan terbaik, sehingga kualitas kesehatan masyarakat khususnya di Nusa penida dapat terus meningkat.

    “Dengan hadirnya rumah sakit ini, tindakan medis yang sifatnya darurat seperti operasi sesar ataupun kegawatdaruratan lainnya yang dapat dilakukan rumah sakit Pratama bisa diambil tindakankannya  disini sehingga pasien tidak harus menunggu untuk dibawa ke Klungkung daratan. Mari kita akselerasi pekerjaan agar pelayanan optimal dapat segera kita berikan, ” ungkap Pastika.

    Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan bahwa kehadiran rumah sakit Pratama ini sudah lama diidam idamkan oleh masyarakat Klungkung khususnya di Nusa Penida. Suwirta menyampaikan apresiasi kepada Pemprov Bali atas bantuan dana yang disalurkan melalui Bantuan Keuangan Khusus sehingga pembangunan rumah sakit ini dapat terwujud.

    Suwirta mengaku akan terus mengakselerasi pekerjaan yang belum selesai sehingga sesuai harapan Gubernur, rumah sakit ini bisa beroperasi penuh pada akhir November ini. Rumah sakit Pratama yang berdiri diatas luasan lahan 1,8 hektar ini dilengkapi dengan ruang rawat inap, IGD, ruang operasi, laboratorium, ruang Rontgen serta poliklinik .

    Dalam kunjungannya kali ini, Gubernur beserta rombongan juga berkesempatan meninjau langsung peralatan serta ruang layanan yang ada di rumah sakit pertama di Nusa Penida ini. Sebelum melakukan peninjauan ke Rumah Sakit Pratama, Gubernur beserta rombongan berkesempatan melakukan persembahyangan bersama di Pura Dalem Ped Nusa Penida.*