Coba-Hindari-Razia,-Banyak-Pengedara-Pura-pura-Mampir-ke-Toko-dan-Belanja

Kundur News – Tanjungbatu – Hari tiga Operasi Zebra 2017 yang dilakukan di depan Mapolsek Kundur dan jalan R.A Kartini Tanjungbatu (depan Bank BRI), Jumat (3/11), berhasil mejaring sedikitnya 32 unit kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Razia yang dipimpin Iptu Indra Buana Lubis Kaur Bin Ops Lantas Polres Karimun.

BACA: Polisi di Tanjungbatu Terjaring Razia Zebra

Pada operasi kali ini, rata-rata kendaraan melanggar kelengkapan surat-surat, tidak pakai helm bahkan melawan arus. Para pelanggar langsung dikenakan sanksi tilang.

Saat razia berlangsung, berbagai cara dilakukan para pengguna kendaraan untuk menghindari razia. Mereka yang tidak memiliki kelengkapan kendaraan bermotor, tidak menyangka akan ada razia, secara spontan berhenti dan pura-pura parkir di pinggir jalan.

Ada yang pura-pura menelpon maupun pura-pura ingin berbelanja di toko elektronik yang berada di pinggir jalan. Hal tersebut tentu jadi berkah tersendiri bagi petugas parkir.

Kaur Bin Ops Iptu Indra Buana Lubis yang memimpin razia zebra juga menegur warga yang kedapatan tengah menghindari operasi dengan membelokkan kendaraannya ke pinggir pertokoan.

“Jangan di sini, jalan saja. Nanti warga sini jadi terganggu,” ucapnya.

Dia pun menanyakan kepada pengendara alasan menghindari razia.

“Kenapa kok pada berhenti di sini, ada apa?” katanya.

Lebih lanjut Iptu Indra mengungkapkan, pada hari operasi Zebra Kali ini banyak ditemukan pelanggaran, seperti tanda nomor kendaraan bermotor tidak sesuai peruntukan, tidak memakai nomor polisi, hingga surat-surat tidak lengkap.

“Selain itu, banyak pengendara yang juga tidak memakai helm,” ungkapnya.

Dalam operasi yang dilaksanakan selama 14 hari kerja itu, pihaknya akan melakukan penindakan sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 1993 tentang Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan.*

BACA: Jangan Coba-coba Lari. Razia Kendaraan Bermotor Sistem Hunting !