razia-kendaraan-bermotor-dengan-sistem-hunting-di-tanjungbatu
razia-kendaraan-bermotor-dengan-sistem-hunting-di-tanjungbatu

Kundurnews – TANJUNGBATU – Operasi dengan sandi Operasi Zebra tahun 2016 kali ini berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya dalam hal pemeriksaan surat dan kelengkapan kendaraan.

Kanit Lantas Polsek Kundur mengungkapkan, operasi Zebra 2016, tiap petugas di terjunkan ke lapangan langsung dengan menggunakan kendaraan untuk efektifitas proses operasi.

“Operasi sistem sekarang ini adalah operasi sistem hunting atau patroli, jadi nanti petugas kami dilapangan akan lakukan hunting pakai motor,” kata Ipda Sadi saat ditemui dilapangan (28/11) Tanjungbatu.

Tentunya, Operasi Zebra 2016 dilakukan serentak diseluruh Indonesia, terhitung mulai tanggal 24 hingga 30 Desember dengan target ke para pengguna jalan raya yang menggunakan kendaraan.

BACA :  Pembuat Uang Palsu di Karimun Juga Sebagai Hacker Data Nasabah Perbankan

Sadi menjelaskan, efektifitas Operasi Zebra 2016 dengan sistem Hunting atau Patroli ini dinilai ampuh karena polisi telah mempelajari pengguna jalan yang sering lari jika ada sweeping kendaraan.

“Jadi nantinya operasi ini akan bergerak, artinya anggota akan bergerak melihat potensi-potensi kecelakaan seperti tidak memakai helm, bonceng tiga, bahkan untuk periksa surat-surat,” jelas Sadi.

Jika selama ini petugas selalu gunakan sitem stationer atau membuat stasiun-stasiun atau pos tempat pemeriksaan kelengkapan surat-surat kendaraan maka diganti sistim Hunting.

Sadi menyebutkan, sistem hunting ini akan dilakukan kepada pengendara, jika pengendara kebut-kebutan, tidak pakai helm, melanggar arus lalu lintas, langgar lampu merah, dan beberapa larangan.

“Sehingga ini yang akan jadi prioritas kami dalam menjalankan operasi, agar bisa menekan angka kecelakaan dijalan raya, jadi tidak ada lagi polisi yang duduk saja, tapi semua bergerak,” ujarnya.*

BACA :  Satlantas polres Karimun Musnahkan 400 Knalpot Racing

 

 

(Zuren)