Sekilas pohon pinang nampak seperti pohon kelapa namun jika diperhatikan dengan seksama akan terlihat bedanya.

Pinang merupakan tumbuhan sejenis palma dengan tinggi batang dapat mencapai 25m. Bentuk batagnya lurus ke atas dan langsing.

Daunnya terletak di atas pangkal batang seperti daun pada pohon kelapa namun bedanya tangkai daunnya lebih pendek dari kelapa dan memiliki bentuk daun yang berbeda dari kelapa tentunya.

Selain itu pohon ini juga memiliki buah. Buah ini tumbuhnya mirip dengan buah kelapa. Buah ini akan muncul di atas pohon dengan akar-akar yang mirip dengan buah kelapa namun dengan ukuran buah pinang lebih kecil dari buah kelapa. Pohon ini dapat tumbuh pada lingkungan dengan iklam tropis.

Selain itu manfaat pinang juga sudah dikenal oleh nenek moyang kita. Buah pinang sudah dimanfaatkan oleh nenek moyang kita untuk membuat sirih.

Sirih merupakan daun yang sering dikunyah oleh orang zaman dahulu untuk menguatkan gigi.

Buah pinang juga mengandung berbagai senyawa seperti arecaidine, arecolidine, guvacoline, guracine. Manfaat apa sajasih yang dapat didapatkan dari buah pinang? Berikut jawabannya:

    • Mengatasi mulut kering

Orang yang biasa nyirih (mengunyah daun sirih) biasanya mulutnya tidak kering. Ini dikarenakan buah pinang dapat membuat kelenjar ludah keluar terus menerus.

    • Menguatkan gigi dan gusi

Nyirih juga bermanfaat untuk menguatkan gigi dan gusi terbukti orang zaman dulu yang rajin nyirih memiliki gigi kuat dan awet walaupun usia sudah sepuh.