Kundur News.

Legenda renang Amerika Serikat Michael Phelps memenangkan medali emas ke-23 dalam lomba terakhirnya di Olympiade, setelah sebelumnya memecahkan rekor pencapaian individu yang bertahan 2000 tahun.

Pemain berusia 31 tahun meraih gelar kelimanya di Olympiade Rio 2016 dalam nomor estafet 4×100 meter bersama Ryan Murphy, Cody Miller dan Nathan Adrian dan mencetak rekor baru Olympiade dengan tiga menit 27,95 detik.

Inggris yang merebut medali perak, terpaut 2,71 detik terpaut, disusul Australia di posisi ketiga.

Michael Phelps pun menandai pengunduran dirinya dari olmpiade dengan 28 medali berupa 23 emas, tiga perak dan dua perunggu.

Phelps kini tercatat sebagai orang nomor satu dalam daftar atlet peraih medali emas Olimpiade terbanyak sepanjang sejarah -bahkan sejak Olympiade zaman Yunani kuno.

Entah kapan lagi rekor Phelps akan terpecahkan. Di Olympiade modern, jumlah medali yang dia rebut lebih dari dua kali lipat dibanding peringkat kedua trbanyak, yakni pesenam Larisa Latynina yang berlaga untuk bekas negara Uni Soviet, yang mengumpulkan sembilan medali emas dari seluruhnya 18 medali Olympiade. (BBC)