Home Nusantara Ekonomi Moeldoko Lantik HM Wardan sebagai Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Riau

Moeldoko Lantik HM Wardan sebagai Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Riau

0
Moeldoko Lantik HM Wardan sebagai Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Riau

Jakarta – Bupati Indragiri Hilir secara resmi dilantik sebagai Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI ) Provinsi Riau oleh Ketua Umum HKTI Dr.Moeldoko, S.I.P bersma DPD HKTI Provinsi Babel dan DPD HKTI Kalimantan Utara di Discovery hotel, Ancol, Jumat (04/2/22).

Usai melantik ketiga DPD HKTI Moeldoko mengatakan HKTI harus terus berkembang dengan baik untuk memajukan pertanian di Indonesia.

“Organisasi ini sebagai wadah yang harus dan terus hidup serta memberikan manfaat bagi perkembangan pertanian di Indonesia, mulai dari Sumber Daya Manusia (SDM) maupun moderenisasi alat pertaniannya guna mendukung kemajuan dan kesejahteraaan petani serta masyarakat Indonesia,” katanya.

Lanjut moldoko HKTI tidak memiliki anggaran dan tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah. Karena itu HKTI di daerah harus mampu mengkosolidasikan organisasi untk membangun petani yang tanggung dan sejahtera.

“HKTI harus kritis, jika kebijakan pemerintah tidak memihak terhadap petani HKTI harus teriak. Karena itu harus mampu mengkosolidasikan organisasi sampai tingkat, sampai kelompok tani dan petani,” kata Ketua Umum HKTI, Jend TNI (purn) DR Moeldoko SIP

Dalam pengarahannya, Moeldoko menugaskan DPD HKTI yabg baru dilantik agar benar serius membantu petani di daerah. Moeldoko mengkritisi realisasi bantuan KUR untuk petani yang realisasinya secara nasional yang masih sangat rendah. Karena itu Mooeldoko minta HKTI untuk segera mengkosolidasikan masalah ini.

“Bangun kerjama, komunikasi dan kekuatan dengan seluruh komponen agar benar-benar mampu membantu petani,” kata Moeldoko.

Bupati Inhil, HM Wardan dalam sambutannya
Bupati Inhil, HM Wardan dalam sambutannya

Moeldoko juga mengingatkan HKTI untuk segera bersinergi dengan pemerintah.

“Petani tidak butuh atribut, petani tidak butuh bendera, tapi petani memerlukan kemudan, seperti pupuk, bibit, pengairan, bahkan ketika sampai saat masa panen. Ini perlu kehadiran HKTI, mereka perlu jalan keluar agar mereka bisa mampu mendapatkan hasil yang maksimal,” ujar Moeldoko.

Untuk Ketua DPD HKTI yang baru saja dilantik, Moeldoko berpesan agar terus mengembangkan pertanian di setiap daerahnya agar pertanian di Indonesia tidak kalah bersaing dengan negara lain.

“Kami berharap dengan pemimpin baru bisa membawa kebaikan dan perubahan bagi HKTI dan keberkahan bagi para petani di wilayah masing2,” ungkapnya

Sementara Bupati Inhil selaku ketua DPD HKTI Provinsi Riau usai dilantik menyampaikan sambutan  bahwa DPD Riau memiliki visi dan misi dalam mewujudkan kemandirian pertanian ramah lingkungan berkelanjutan di Riau

“Hal ini untuk menopang ketahanan pangan dan kedaulatan pangan nasional,” ujar HM. Wardan

HM. Waedan uga mengungkapkan bahwa dalam mengembangkan pertanian di Riau akan berkolaborasi dengan semua pihak

“kalau bersama mengelola pertanian tentu akan menyukseskan visi dan misi HKTI,” terangnya.