Mpok Nori meninggal, masyarakat Betawi berduka

Satu lagi komedian senior Indonesia meninggal dunia, kali ini sosok legendaris Nuri Sarinuri atau lebih dikenal dengan nama Mpok Nori. Almarhum meninggal pada hari Jumat (03/04/2015) di usianya yang ke-84 tahun. Selama hidupnya sosok Mpok Nori dikenal sebagai seorang seniman Betawi yang masih terus aktif dengan kegiatan kebudayaan hingga usia senja.

Mpok Nori diberitakan meninggal hari ini sekitar pukul 08.10 WIB, di rumah sakit Pasar Rebo, Jakarta Timur. Ia mengawali karir dari pentas Lenong Betawi sejak usia 14 tahun. Meski ketika akhirnya komedian senior tersebut terjun ke dunia sinetron, kesenian Betawi tidak pernah ia tinggalkan.

“Ngelenong dari umur 14 tahun. Nggak pernah bosen,” ujar Mpok Nori ketika mendapat penghargaan di Penganugerahan dan Pargelaran Komedi Betawi, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, beberapa tahun silam.

Begitu juga ketika digelar Festival Budaya Betawi, pada bulan Juni 2014 silam, komedian yang saat itu sudah berusia 83 tahun tersebut masih tetap energik untuk menampilkan bodoran Betawi. Selain itu Mpok Nori memiliki sanggar untuk mengajarkan ilmu kepada murid-muridnya.

Sementara itu nama Mpok Nori baru dikenal di dunia sinetron ketika ia bermain di PEPESAN KOSONG di usia yang sudah tidak muda lagi. Ia juga pernah terlibat program komedi seperti OVJ dan selalu menampilkan gaya bicara dengan logat Betawi yang kental.

Selama beberapa tahun terakhir Mpok Nori memang sudah kerap dihinggapi penyakit. Di akhir 2013 ia pernah diberitakan terkena penyakit lambung, infeksi usus dan batu ginjal serta memilih pengobatan alternatif.

Meski demikian ketika berita ini dibuat, belum ada penjelasan dari pihak keluarga terkait apa penyebab almarhum meninggal dunia. Mpok Nori sendiri memiliki 13 orang anak dan cucu serta cicit yang ditinggalkan. Selamat tinggal Mpok Nori, sumbangsihmu dalam melestarikan kebudayaan Betawi tidak akan dilupakan.

 

 

http://www.merdeka.com/artis/mpok-nori-meninggal-masyarakat-betawi-berduka.html