Kundur News.

Tanjung Berlian. Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kepri, Nurdin Basirun, didampingi Bupati Karimun Aunur Rafiq, meresmikan Unit Sekolah Baru (USB) SMK Negeri Kundur Utara, Jum’at (22/4). Sekolah kejuruan untuk  jurusan Las dan Otomotif  tersebut, berdiri diatas tanah hibah milik masyarakat seluas satu hectare di kawasan Tanjung Berlian Kota Kundur Utara.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, Yatim Mustafa menyampaikan pembangunan gedung SMKN yang diresmikan ini adalah pesan atau perintah dari almarhum Gubernur Kepri, HM. Sani semasa hidupnya. Keinginan almarhum tersebut dikarenakan Kundur Utara belum memiliki SMKN.

“Pembangunan sekolah ini mengunakan APBD Provinsi Kepri tahun 2013-2015 lebih dari Rp 3 miliar. Setelah diresmikan SMKN Teknologi ini, akan dilaksanakan  penerimaan siswa baru dengan dua jurusan, yaitu otomotif dan teknik las. Kedepannya akan ditambah lagi ruangan-ruangan penunjang, diantaranya workshop, mushollah, asrama dan rumah singgah,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu Nurdin Basirun mengatakan, dengan keberadaan SMKN Kundur Utara diharapkan  mampu memenuhi kebutuhan pendidikan masyarakat khususnya di pulau Kundur.

“Ruang belajar untuk SMK di Kabupaten Karimun sampai saat ini masih sangat kurang. Ini disebabkan industri semakin tumbuh dan berkembang. Padahal setiap perusahaan yang masuk selalu ditanyakan adalah lulusan kejuruan. Semoga kehadian SMKN Kundur Utara ini bisa menjawab tantangan industri,” harap Nurdin.

Untuk tahun pertama ini SMK Negeri Kundur Utara ini nantinya akan memiliki dua jurusan las dan otomotif, yang nantinya akan disesuaikan dengan kebutuuhan pasar atau kebutuhan dalam bersaing di pasar industri. Sehingga di SMKN Kundur Utara akan jadi sekolah mini modern.