20141215132859-1-oppo-find-7-review-001-dwi-zain-musofa

 

 

 

 

 

 

 

 

Oppo Find 7 merupakan smartphone flagship dari Oppo. Hadir di pasaran dengan mengusung layar IPS Quad HD berdimensi 5.5 inci (2,560 x 1,440 piksel) dengan kedalaman warna 401 pixels per inch (ppi), smartphone ini diklaim bakal menyajikan kejernihan tampilan layar yang menawan. Menggunakan chipset Qualcomm MSM8974AB Snapdragon 801 dan cpu Quad-core 2.3 GHz Krait 400, Oppo Find 7 mumpuni untuk melakukan kegiatan multitasking. Kamera depan 5 megapixel bagian depan dan 13 megapixel untuk bagian belakang + dual flash dijadikan andalan untuk mengambil foto. Ke semua spesifikasi tersebut dibalut dalam bodi dengan tebal hanya 9,2 mm.

Disain

Desain Oppo Find 7 bisa di bilang salah satu desain smartphone yang berbeda dari smartphone Android sekelasnya, kesan premium terlihat kuat saat pertama kali kita melihatnya, bagian depan hitam tanpa gimmick brand, sedangkankan menu button standar smartphone Android baru terlihat saat wake up button sebelah kiri atas di tekan, bersamaan dengan hidupnya layar.

Bodi sisi belakang yang terbuat dari plastik dengan tekstur kasar tetapi lembut membuat Find 7 ini nyaman dan tidak licin di tangan, sedangkan bagian sisi kanan terdapat rocker volume button, desain ujung atas dan bawah berbentuk melengkung, mengingatkan pada desain Sony (ketika masih bekerjasama ericsson).

Pada ujung bawah, sepanjang rim ada lampu LED biru tipis yang menyala saat anda mendapatkan notifikasi (menyerupai garis cahaya gerhana). Mengusung layar 5,5 inci, dengan ukuran tersebut, mengoperasikan Oppo Find 7 dengan satu tangan akan cukup sulit.

20141215132900-2-oppo-find-7-review-001-dwi-zain-musofa

 

 

 

 

 

 

 

 

Sistem Operasi

Untuk series Find, Oppo mengembangkan sendiri OS-nya yang mereka namakan ColorOS dengan stock Android 4.3. Bagi purist mungkin OS bawaan pabrik terasa mengganggu namun ColorOS akan membuat Anda nyaman dan akan terbiasa setelah beberapa saat menggunakan smartphone ini.

ColorOS berbasis Android 4.3 dan patern Android stock murni masih terasa, saat pertama kali membuka kunci layar, semua seperti yang biasa kita lihat, namun saat masuk ke dalam pengguna bakal disuguhkan banyak pilihan theme, skin, dan menu user interface lainnya dengan adanya apps theme yang menarik hati. Bagi purist, tentu pilihan ini kurang lebih dianggap sebagai kosmetik yang kadang terlalu menor, tetapi untuk beberapa segmen tertentu mungkin ini menjadi hal menyenangkan.

Untuk notification ColorOS masih berasa seperti Notification center Android yang lain dengan kosmetik masing-masing, namun milik ColorOS terasa lebih simpel, yang menarik adalah fitur gesture-nya bakal memungkinkan Anda mengoperasikan Oppo Find 7 ini dengan ketukan, menulis simbol untuk mengoperasikan sesuatu (seperti menggambar huruf V untuk menyalakan lampu senter, atau gerakan menuliskan huruf O langsung membuka kamera). Selain motion gesture ada pula air gesture, seperti memindahkan slide foto dengan gerakan lambaian tangan.

Untuk aplikasi kamera berada di halaman dua, dengan model layar besar dengan image kamera vintage dan ketika di tekan menjadi kamera mode, foto akan mengalir ke bawah dengan 2 preview update untuk tiap moment yang diambil.

 

20141215132906-3-oppo-find-7-review-003-dwi-zain-musofa

 

 

 

 

 

 

 

 

Kamera

Beralih dari segi kamera, bagi yang juga hobi foto, kamera belakang dengan ukuran 13 megapixel ternyata kurang begitu memuaskan, warna kurang begitu keluar, perlu bantuan cahaya yang lebih untuk mendapatkan hasil yang di inginkan, walaupun begitu ada hal yang menarik dari kamera Oppo Find 7 ini, seperti mode raw yang memungkinkan pengguna melakukan tweaking dengan software photography.

Kemudian fitur gif, yang memungkinkan untuk membuat animasi gif instant serta satu fitur kesukaan para selfier yaitu fitur beautify yang membuat muka pengguna terlihat lebih menarik. Berbeda dengan bagian kamera depan 5 megapixel, Oppo Find 7 boleh dikatakan sebagai salah satu smartphone selfie terbaik yang pernah ada, kamera 5MP ini bisa membuat Anda tak henti-hentinya menggunakan Oppo Find 7 untuk selfie dengan beautify mode.

 

20141215132909-4-oppo-find-7-review-006-dwi-zain-musofa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Performa dan Baterai

Saat melakukan test performance dengan beberapa apps test seperti Antutu, Geekbench dan 3DMark, Oppo Find 7 mendapatkan skor di atas rata-rata dibandingkan kompetitornya. Ketika melakukan test menggunakan 3DMark Ice Storm, animasi 3D dengan rata-rata menghabiskan 61.7 Fram/second terender tanpa ada masalah dan halus.

 

20141215132912-5-oppo-find-7-review-005-dwi-zain-musofa

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk baterai, kalau melihat ukurannya yang bongsor, kemampuan baterai Oppo Find 7 cukup membuat kagum dengan daya tahan baterainya yang mampu nyala selama kurang lebih 9-10 jam dan yang menyejukkan hati adalah Oppo Find 7 bisa di cas sampai 100 persen (dari kondisi 20 persen) kisaran 30 menit saja.

 

20141215132914-6-oppo-find-7-review-002-dwi-zain-musofa

 

 

 

 

 

 

 

 

Kesimpulan

Oppo Find 7 dengan harga Rp 6 jutaan, bisa jadi pilihan untuk smartphone Android kelas premium. Performa dan daya tahan baterainya berada di atas rata-rata.

Dengan adanya OS Android 5.0 Lollipop yang menjadi terobosan sistem operasi terbaru dari Google, Oppo Find 7 yang memiliki spek hardware premium tentu bakal lebih menawan jika menjalankan ColorOS dengan core Android Lollipop. (merdeka.com) http://www.merdeka.com/teknologi/review-oppo-find-7-smartphone-mewah-untuk-penyuka-selfie.html