pansel-sebut-purnawirawan-tni-daftar-jadi-pimpinan-kpk

Kundur News – Jakarta – Ketua Panitia Seleksi KPK Destry Damayanti, mengatakan saat ini sudah ada beberapa kalangan yang mendaftar menjadi calon pimpinan. Menurut Destry, salah satu yang mencalonkan ada dari kalangan TNI.

“Ada kalangan purnawirawan TNI beberapa,” kata Desty usai bertemu pihak PPATK di Gedung PPATK, Jakarta  Selasa (9/6).

Namun saat disinggung siapa nama purnawirawan TNI tersebut, Desty lebih memilih bungkam. Desty mengatakan pihaknya mendorong kalangan TNI untuk mengajukan nama calon pimpinan KPK.

“Nama itu ada, kita dorong juga untuk ajukan untuk daftar nama-nama karena belum tentu akhirnya daftar,” ujarnya.

Juru bicara pansel KPK Betti S Alisjahbana mengatakan belum ada rencana untuk bertemu dengan jajaran Mabes TNI membicarakan seleksi pimpinan KPK.

“Sampai sekarang sudah ada 27 pendaftar dari berbagai latar belakang. Polri ada satu kalau tidak salah. TNI ada satu. Belum ada rencana bertemu pihak TNI. Kami juga waktunya tidak banyak. Kami harus fokus penjaringan,” ujar Betti.

Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengatakan prajurit TNI bisa menjabat pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi. Namun, prajurit TNI tersebut harus sudah pensiun terlebih dahulu.

Menurut Moeldoko, mantan Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) TNI AD, Mayjen (Purn) Hendardji Soepandji bisa menjadi pimpinan KPK karena memiliki kredibilitas yang memumpuni. Jika diminta hal tersebut, Moeldoko siap memberikan rekomendasi untuk mengajukan perwakilan mantan TNI menjabat pimpinan KPK.

“Sekarang belum didorong, tapi sedang kami pikirkan,” kata Moeldoko usai meresmikan gabungan pasukan elit TNI di Lapangan Monas, Jakarta, Selasa (9/6).

Sumber : Merdeka com