Kateman – Dihadiri ratusan warga Rumah Persatuan Ummat (RPU) dan BPJS ketenagakerjaan mengelar sosialisasi program Jamsostek, bertempat di Aula wisma Hidayah, kelurahan Tagaraja, kecamatan Kateman, kabupaten Indragiri Hilir Inhil, Selasa (13/9/2022) pagi.

Kegiatan sosialisasi program Jamsostek tersebut merupakan bentuk kepedulian rumah persatuan ummat (RPU) kepada masyarakat yang tergolong kurang mampu untuk memberikan jaminan kecelakaan kerja maupun jaminan kematian.

Lurah Tagaraja Hendri Jon, SH mengatakan atas nama pemerintah mengucapkan terimakasih kepada RPU dan BPJS ketenagakerjaan yang sudah melakukan sosialisasi program Jamsostek kepada masyarakat terutama kepada kaum duafa fakir miskin.

Dirinya mengatakan dengan adanya program RPU ini sangat membantu masyarakat, di mana saat berkerja mendapatkan jaminan.

“Kalau dari perusahaan memang sudah mendapatkan jaminan Jamsostek, namun RPU hadir di tengah-tengah masyarakat untuk mambantu kaum duafa dan mambantu membayar iuran bulanannya, itu saya sangat apresiasi terhadap RPU,” ujarnya.

Sementara itu dalam sambutannya koordinator RPU kecamatan Kateman Adi Candra mengatakan Terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat yang sudah menghadiri undangan dari RPU dan BPJS ketenagakerjaan, sehingga dapat mendengar langsung apa itu program dari RPU.

“Di sini saya menyampaikan RPU dan BPJS ketenagakerjaan berkolaborasi, untuk memberikan bantuan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian terutama kepada kaum duafa, banyak masyarakat yang berkerja namun tidak ada jaminan terhadap mereka apabila terjadi sesuatu,” kata Adi Candra saat memberikan sambutannya di hadapan masyarakat kelurahan Tagaraja.

Lanjutnya mudah-mudahan program ini secepatnya akan segera terlaksana, dengan itu apabila terjadi sesuatu kepada kaum duafa yang sedang berkerja mendapatkan jaminan.

Dalam kesempatan tersebut Ketua umum Rumah persatuan ummat RPU H Ikbal Sayuti menjelaskan bahwa yayasan RPU berdiri selama masa pendemi COVID-19, untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak.

“RPU sendiri bergerak di bidang sosial, dulu kita pernah membantu gempa bumi di daerah Jawa, dengan berjalan waktu RPU terus berkembang terus meningkatkan kualitas sehingga lahirlah program RPU bersama BPJS ketenagakerjaan untuk memberikan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian terutama di sini khusus untuk fakir miskin dan kaum duafa,” jelas Ketua Umum Rumah Persatuan Umat H Ikbal Sayuti.

Menurut H Ikbal Sayuti kalau bantuan sembako sudah banyak orang yang menyalurkan, namun untuk jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian mungkin mereka tidak ada, dengan itulah RPU hadir untuk memberikan jaminan tersebut.

“Kalau masyarakat kalangan berada bisa mendaftar secara mandiri, kalau fakir miskin kaum duafa kadang makan saja susah, dengan RPU membayar iuran BPJS ketenagakerjaan sehingga mereka nantinya ada jaminan, mudah-mudahan lah program ini akan terus berlanjut sehingga masyarakat merasakan manfaat RPU,” tandasnya.

Lanjut H Ikbal Sayuti untuk mempermudah pelayanan tersebut nantinya RPU akan menunjuk Tim yang akan mendata warga yang layak dan juga membantu mendaftarkan serta membayar iuran bulanannya.

“Jadi RPU betul-betul membantu masyarakat, warga tau beres sehingga saat terjadi sesuatu kartu Jamsostek nya terus berfungsi. Tapi kita juga berharap masyarakat saat berkerja saat mencari nafkah untuk keluarganya dalam keadaan sehat, cuman ini sebagai jaminan saja ada yang bisa kita gunakan apabila terjadi sesuatunya dikemudian hari,” cetus H Ikbal Sayuti.

Dalam kesempatan tersebut juga pihak BPJS ketenagakerjaan Emil Febrianto memberikan sosialisasi kepada masyarakat, sehingga masyarakat paham dan mengerti seperti apa BPJS ketenagakerjaan.

Banyak orang awam yang tidak tau, kebanyakan mengartikan BPJS ketenagakerjaan untuk perusahaan saja, jadi secara lugas Emil menjelaskan bahwa program BPJS ketenagakerjaan juga ada yang untuk mandiri.

Jadi banyak masyarakat yang tidak paham BPJS ketenagakerjaan secara langsung, mudah-mudahan dengan sosialisasi yang ada membuat pemahaman kepada masyarakat, ini program yang sangat bagus, RPU dan BPJS ketenagakerjaan saat ini memberikan manfaat langsung kepada kaum duafa untuk menjamin iuran mereka.

“Dengan iuran Rp 16.800 memang sangat kecil tapi untuk kaum duafa itu sangat besar, jadi RPU yang akan membayarkan perbulannya jadi masyarakat ikuti program dengan menyerahkan nomor Nik dan nomor telepon kepada tim RPU yang ada di setiap desa maupun kelurahan,” jelas Emil Febrianto.

Emil juga mengungkapkan bahwa selain program RPU untuk kaum duafa BPJS ketenagakerjaan membuka untuk masyarakat umum secara mandiri.

“Selain untuk kaum duafa, tim RPU juga akan mambantu masyarakat yang ingin mendaftar menjadi kepesertaan Jamsostek, ini yang paling menarik RPU betul-betul untuk kepentingan ummat,” katanya.

Terakhir dikatakan Emil selaku pihak BPJS ketenagakerjaan sangat berterimakasih kepada RPU, di mana dengan program yang ada banyak masyarakat yang tau.

“Jadi sangat saya apresiasi terhadap RPU mudah-mudahan tim nantinya di lapangan mampu berkerja sama untuk mendaftar serta Kaum Duafa di Jamsostek BPJS ketenagakerjaan,” tutupnya.

Tampak hadir, Danramil 06/KTM atau yang diwakili, Kapolsek Kateman diwakili, ketua umum rumah persatuan umat RPU H Ikbal Sayuti, pembina RPU Andi Rusli Mallarangeng. H Agus Salim, kordinator RPU kecamatan Kateman Adi Candra, Lurah Tagaraja, RT/RW se- kecamatan Kateman, kepala desa, serta Tamu undangan lainnya.*