Pelatihan bagi UKM dan usaha Koperasi
Pelatihan bagi UKM dan usaha Koperasi

Kundur News – KARIMUN – Dinas Koperasi, UKM dan Perindag Kabupaten Karimun melaksanakan pelatihan manajemen keuangan bagi pelaku usaha Koperasi, usaha kecil menengah (UKM) se-Kabupaten Karimun, Senin (8/6/2015) di. Gedung Nasional Tanjung Balai Karimun.

Kegiatan berlangsung selama tiga hari dibuka Kadiskop, UKM dan Perindag ini, menghadirkan narasumber dari Widyaiswara Kementerian Koperasi dan UKM RI, Sri Sayektening Rahayu.

Kadiskop, UKM dan Perindag Kabupaten Karimun, Muhd. Hasbi dalam sambutannya menyatakan, ada beberapa hal yang mendasar dalam manajemen keuangan yang harus dipahami oleh pelaku usaha maupun pengurus usaha koperasi. Diantaranya, budgeting, perpajakan, penyusunan anggaran, perencanaan kinerja.

”Budgeting merupakan suatu pendekatan formal dan sistematis pelaksanaan tanggungjawab manajemen didalam perencanaan, koordinasi dan pengawasan keuangan pada organisasi,” ungkapnya.

Administrasi keuangan lanjutnya, juga memegang peran kunci pada sebuah organisasi, sehingga perlu ditangani dengan sebaik-baiknya. Tujuannya agar tidak terjadi pemborosan atau penyalahgunaan uang yang tidak sesuai dengan anggaran sudah ditentukan.

”Koperasi dengan UMKM memang tidak sama. Tetapi saling terkait,” ungkap Hasbi lagi.

Sementara ketua panitia pelaksana, Nadra dalam laporannya menyampaikan, pelatihan ini diikuti sebanyak 40 orang merupakan pelaku usaha KUKM dari dua belas kecamatan di Kabupaten Karimun.

Sedangkan tujuan pelatihan, untuk meningkatkan kemampuan menyusun budged dan mengelola keuangan. Selain itu dapat memahami dan menjalankan stratgei budgeting yang tepat, fungsi keuangan dan proses penyusunan serta pengendalian anggaran organisasinya.

“Dalam pelatihan ada lima materi yang dipaparkan oleh narasumber, yaitu budgeting dan administrasi keuangan, perpajakan, cara penyusunan laporan kerja dan cara penulisan proposal kerjasama pemerintah serta swasta,” terangnya mengakhiri.*

nko