Waduk PDAM Tirta Karimun yang mengalami kekeringan
Waduk PDAM Tirta Karimun yang mengalami kekeringan

KARIMUN – Setelah berbulan-bulan lamanya warga tak bisa menikmati air bersih dari PDAM Tirta Karimun cabang Tanjungbatu, lantaran musim kemarau yang mengakibatkan keringnya sumber air di Tempan Desa Lubuk Kecamatan Kundur.

Kini pelanggan PDAM di Tanjungbatu kembali bisa menikmati air bersih, karena telah memasuki musim penghujan, sehingga danau yang menjadi sumber air baku telah terisi.

Hanya saja, kondisi danau saat ini belum maksimal dan debit air belum tiggi. Sehingga aliran air kepada seluruh pelanggan terpaksa dilakukan secara bergiliran setiap harinya, dengan jadwal yang telah ditentukan oleh pengelola.

Melalui akun resmi Facebook PDAM Tanjungbatu, menginformasikan bahwa danau sumber air bersih di Tempan Desa Lubuk sudah adanya airnya. Namun debit air belum berada pada posisi normal, sehingga pendistribusian air bersih kepada seluruh pelanggan terpaksa dilakukan secara bergiliran setiap harinya.

Adapun jadwal pendistribusian air bersih yang telah disusun yakni, pada 11 dan 12 Desember wilayah Jalan A Yani, Jalan Baran Paoh, Jalan Sei Sebesi, Jalan Paya Togok dan Jalan HM Nawawie. 13 dan 14 Desember Jalan Jend Sudirman, Jalan Usman Harun, Jalan RA Kartini, Jalan A Latief, Jalan Pemuda dan Jalan Merdeka. 15 dan 16 Desember Jalan Dwikora, Jalan M Daud, Jalan Fajar baru, Jalan Tanjung Susup dan Jalan A Wahab.

Setelah sampai pada jadawal terakhir, akan kembali ke jadawal giliran pertama. Jika kondisi sumber air baku di danau Tempan Desa Lubuk kembali normal, maka pendistribusian air bersih akan dilakukan setiap hari, alias tidak lagi tilakukan per giliran (*)