Wakil Bupati Karimun, H. Anwar Hasyim
Wakil Bupati Karimun, H. Anwar Hasyim

KARIMUN – Pemerintah Kabupaten Karimun mengajak masyarakat untuk dapat menjaga suasana kondusif, menjelang pelaksanaan Pilkada Kabupaten Karimun yang bakal berlangsung pada tahun 2020 mendatang.

“Tahapannya sudah akan berlangsung pada akhir tahun ini, sehingga kita harus sama-sama tetap menjaga ketertiban dan kenyamanan lingkungan, agar tetap kondusif. Jangan ada yang berbuat hal-hal yang sifatnya provokatif atau adudomba. Yang akan memecah belah persatuan,” pesan Anwar Hasyim, Kamis (17/10).

Anwar juga mengajak masyarakat untuk dapat mengawal bersama-sama seluruh tahapan Pilkada Kabupaten Karimun, serta memastikan hak pilihnya apakah terdaftar sebagai pemilih. Sehingga dapat menggunakan hak pilihnya pada hari pencoblosan nanti.

“Aparat pemerintahan dan komponen masyarakat harus bersama-sama saling membantu menjaga situasi yang sudah baik ini. Mari rapatkan barisan dan jaga persatuan yang kuat, dalam jalinan tali persaudaraan, serta solidaritas yang tinggi. Sehingga akan menciptakan suasana aman dan tentram,” pesan Anwar lagi.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko menambahkan, meski pelaksanaan Pilkada Kabupaten Karimun akan berlangsung pada tahun 2020 mendatang, namun tahapannya sudah akan dimulai pada ahir tahun 2019 ini.

“Tahapannya kita awali dengan sosialisasi terlebih dahulu, khusus bagi calon Bupati dan Wakil Bupati independen atau non paratai. Sehingga bisa melakukan persiapan secara matang dan jauh-jauh hari,” kata Eko.

Selain sosialisasi, rencananya KPU Kabupaten Karimun akan melakukan perekrutan Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemugutan Suara (PPS), yang rencananya akan dilangsungkan pada Januari dan Februari 2020.(*)