Loading...
Home Kepri Karimun

Pengakuan Mengejutkan Hastomo alias Achin, Datang Ke Kundur Hanya Untuk Mencuri

Aksi pencurian yang dilakukan Hastomo alias Achin merupakan karakter pelaku tindak pidana pencurian, karena pelaku baru saja beberapa bulan keluar dari tahanan pada kasus yang serupa, dan aksi kali ini yang dilakukannya diketahui juga sudah direncanakan.

Pelaku pencurian dengan pemberatan, Hastomo alias Achin.
Pelaku pencurian dengan pemberatan, Hastomo alias Achin.

Karimun – Hastomo alias Achin (32), terdakwa kasus pencurian dengan pemberatan, memberikan pengakuan mengejutkan saat menjalani persidangan di kantor pengadilan Negeri Karimun. Maling pembobol atap toko di empat tempat di Kundur itu, mengaku datang ke Tanjungbatu bertujuan hanya melakukan pencurian. Mirisnya, cara pintas mendapatkan uang yang dilakukan pria asal Selat Panjang Riau itu menurut rencana akan digunakan sebagai biaya pernikahannya.

Kepala Kantor Cabang Kejaksaan (Kacabjari) Tanjungbatu, Aji Satrio P, mengatakan, aksi pencurian yang dilakukan Hastomo alias Achin merupakan karakter pelaku tindak pidana pencurian, karena pelaku baru saja beberapa bulan keluar dari tahanan pada kasus yang serupa, dan aksi kali ini yang dilakukannya diketahui juga sudah direncanakan.

BACA: Kronologi Penangkapan Acin Setelah Mencuri Empat Tempat di Tanjungbatu

“Hastomo alias Achin telah merencanakan aksi pencurian dengan cara-cara dan keadaan tertentu, seperti membawa tang, senter, kemudian menunggu korban lengah. Dari kesemuanya itu telah diakuinya saat di persidangan. Sehingga sesuai dengan pasal yang kita dakwakan yaitu pasal 363 pencurian dengan pemberatan,”terang Aji, Kamis (06/09/18).

Dikatakannya, sidang pembacaan tuntutan dan menunjukan alat bukti sudah dijalani Hastomo alias Achin. Seorang pria selaku penadah, juga akan dihadirkan dalam sidang lanjutan.

“Penadah hasil curian, seorang pria yang berinisial J alias A, warga Kampung Baru Sei Pasir Kecamatan Meral, saat ini juga ikut ditahan, nantinya juga akan dihadirkan dalam persidangan,” kata Aji.

BACA: Pencuri di Toko Emas dan Ponsel di Tanjungbatu Berhasil Ditangkap, 24 Ponsel dan 32…

Kacabjari Aji Satrio pada kesempatan itu juga berpesan kepada masyarakat Kundur untuk selalu waspada terhadap pelaku-pelaku kejahatan yang biasanya datang tanpa kita sadari. Sehingga pengamanan dari masyarakat perlu untuk ditingkatkan.

“Partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban adalah hal yang sangat penting dan perlu kita tingkatkan. Peran Siskamling juga, perlu diaktifkan, apalagi sudah mau dekat pemilu. Karena Siskamling merupakan salah satu model Polmas yang dapat membantu kebutuhan rasa aman bagi kita,” pesan Aji.*

BACA: Perkara Hastomo alias Acin, Sepesialis Pencuri di Tanjungbatu Dilimpahkan Ke Kejaksaan