Kundur News – Denpasar – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali memastikan untuk menerjunkan tim pengawas Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMAN/SMKN tahun ajaran 2017/2018. Tim pengawas yang terdiri dari Inspektorat dan Tim Saber Pungli akan diterjunkan ke sejumlah SMAN/SMKN yang tersebar di seluruh Bali.

Penerjunan tim pengawas merupakan bentuk komitmen untuk mewujudkan transparansi dalam proses PPDB jenjang SMAN/SMKN tahun ajaran 2017/2018. Menurut rencana tim pengawas yang diturunkan secara serentak pada Jumat (30/6).

Kepastian tersebut disampaikan oleh Wakil Gubernur Bali I Ketut Sudikerta dalam rapat koordinasi pengawasan PPDB SMAN/SMKN yang berlangsung di ruang pertemuan Sabha Mandara Kantor Inspektorat Provinsi Bali, Kamis (29/6).

Sudikerta yang didampingi Karo Humas dan Protokol I Dewa Gede Mahendra Putra menyampaikan bahwa PPDB jenjang SMAN/SMKN kerap menimbulkan sejumlah persoalan yang membutuhkan langkah antisipasi. Tahapan yang akan  mendapat perhatian lebih serius dalam PPDB tahun ini antara lain proses penerimaan melalui jalur zonasi dan prestasi. “Zonasi banyak diributkan, saya minta tim pengawas yang nanti turun ke lapangan benar-benar mencermati hal ini agar tak terjadi penyimpangan,” ujar Sudikerta.

Sudikerta berharap adanya proses faktualisasi melalui tes secara langsung, “terutama untuk  jalur prestasi yang kerap dijadikan celah untuk berbuat curang. Termasuk melakukan antisipasi modus sertifikat prestasi bodong. “Kalau jalur reguler saya rasa aman karena sudah menggunakan aplikasi,” kata Sudikerta. Ke-Halaman_Selanjutnya