Prediksi Puncak Arus Balik di Pelabuhan Tanjungbatu

Kundur News – Tanjungbatu –  Puncak arus balik Lebaran di pelabuhan Tanjungbatu diperkirakan terjadi pada Minggu (2/7).

“Libur cukup banyak, maka arus balik kami perkirakan akan terjadi pada H+6 (Sabtu) dan H+7 Lebaran (Minggu),” ujar Kasi Gamat KPP Kelas II, Eko, Kamis (29/6).

Dia menjelaskan, penumpang pada arus balik akan berangkat menuju kota-kota yang menjadi tujuan saat bekerja dan sekolah serta kuliah, seperti Batam, Tanjungpinang,  buton,  Guntung dan lainnya.

“Biasanya mereka yang mudik akan kembali ke daerah di mana mereka kerja dan aktivitas lainnya beberapa hari menjelang masuk kerja,” jelasnya.

Cuaca buruk melanda sejumlah wilayah perairan Indonesia. Nakhoda kapal diimbau agar mewaspadai dampak cuaca buruk itu.

Lebih lajut Eko, mengatakan, sejauh ini memang belum ada instruksi dari Direktorat Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI. Tapi, setiap ada kapal yang akan berangkat dari Pelabuhan Tanjungbatu, petugas selalu mengingatkan untuk senantiasa waspada selama dalam pelayaran.

“Kalau perlu kami tunda pemberangkatannya jika benar-benar kondisi di laut tidak mendukung,” kata Eko.

Menurutnya, pihaknya tidak berani mengambil resiko dengan memberikan izin berlayar kepada armada baik kapal penumpnag maupun pengangkut barang jika cuaca tidak menentu.

Kata dia, perubahan cuaca dalam pelayaran  kemungkinan tiba-tiba terjadi, sebab, masalah cuaca saat ini sangat tidak menentu dan sewaktu-waktu mengalami perubahan.*