Kundur News.

Karimun – Bupati Karimun Aunur Rafiq mengharapkan melalui peringatan Hardiknas tahun ini dapat dijadikan sebagai momentum profesionalisme bagi tenaga pendidik. Dengan profesionalisme tenaga pendidik, mutu dan kualitas pendidikan di daerah berlandaskan empat azam ini dapat meningkat dari tahun ke tahun.

Hal ini dikatakan Rafiq dalam sambutannya saat memimpin upacara peringatan Hardiknas di lapangan panggung rakyat Putri Kemuning Coastal Area Kabupaten Karimun, yang dilansir laman gerbangkepri.com, Senin (2/5/2016).

Dalam sambutannya Bupati Karimun juga membacakan amanat Mendikbud RI, Anies Baswedan. Yang mana kutipan dari amanat tersebut menyebutkan Hardiknas sebagai hari kesadaran tentang pentingnya kualitas manusia. Presiden Jokowi menggariskan bahwa Indonesia akan menjadi bangsa yang disegani dunia dan akan berhasil dalam berbagai kompetisi era global jika tinggi kualitas manusianya.

Karakter terdiri dari dua bagian. Pertama, karakter moral, sesuatu yang sering kita bicarakan. Karaker moral itu antara lain adalah nilai Pancasila, keimanan, ketakwaan, intergitas, kejujuran, keadilan, empati, rasa welas asih, sopan santun.

Yang kedua dan tak kalah pentingnya adalah karakter kinerja. Di antara karakter kinerja adalah kerja keras, ulet, tangguh, rasa ingin tahu, inisiatif, gigih, kemampuan beradaptasi, dan kepemimpinan.

“Kita ingin anak-anak Indonesia menumbuhkan kedua bagian karakter ini secara seimbang. Kita tak ingin anak-anak Indonesia menjadi anak yang jujur tapi malas, atau rajin tapi culas,” tegasnya.

Dalam amanat ini juga ada pesan khusus, untuk bersama-sama perluas keriaan pendidikan dan kebudayaan selama sebulan ke depan.

Pesan lainnya, mari bersama-sama juga membayar balik apa yang telah kita dapatkan dari pendidikan, kita gelorakan semangat bergerak untuk pendidikan.