Inhil – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Puri Husada Tembilahan menggelar senam Osteoporosis, dalam rangka memperingati Hari Osteoporosis Sedunia di depan Gedung baru RSUD PH Tembilahan, Jalan Veteran Tembilahan, Kamis (27/10/22).

Kegiatan senam ini diikuti oleh dr. Irianto, SpPD, Ketua Perwatusi (Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia) Kabupaten
Indragiri Hilir Hj Marwiyah Afrizal, dan puluhan pegawai RSUD Puri Husada Tembilahan.

Ketua Perwatusi Inhil itu mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya karena RSUD Puri Husada Tembilahan juga melaksanakan peringatan Hari Osteoporosis Sedunia. Ia menambahkan bahwa pihaknya telah melaksanakan kegiatan tersebut pada Ahad 23 Oktober secara serentak di seluruh Indonesia.

“Kami Perwatusi Inhil melaksanakannya di lapangan Car Free Day (CFD) hari Minggu yang lalu, kita senam bersama dan itu diikuti oleh semua masyarakat serta dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia,” sebutnya.

Istri Sekretaris Daerah Kabupaten (Setdakab) Inhil itu menjelaskan bahwa, pihaknya (Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia, red) yang selama ini mungkin banyak diartikan sebagai Perkumpulan Wanita Tulang Sehat, pasca dibentuk dan dikukuhkan tahun lalu telah mengagendakan kegiatan senam ini akan dilakukan secara rutin.

“Tugas kami pertama adalah, memperkenalkan senam ini kepada masyarakat, kami berdiri dan dibentuknya pada tanggal 12 Oktober yang lalu dan dikukuhkan pada tanggal 28 November 2021. Alhamdulillah setelah terbentuk kami langsung melakukan berbagai kegiatan walaupun tanpa bantuan dana, belum ada dananya jadi kita berusaha melibatkan berbagai lembaga sehingga acara kita bisa tetap terlaksana, sehingga alhamdulillah pada saat sekarang ini kami telah melaksanakan semua secara rutin di beberapa tempat,” tuturnya.

Marwiyah Afrizal juga menyebutkan bahwa pihaknya melaksanakan senam tersebut secara rutin dan lokasi senam itu ada di dua tempat. Kendati demikian dirinya mengajak masyarakat untuk mengikuti senam tersebut agar dapat mencegah terjadinya Osteoporosis.

“Kita ada senam rutin setiap hari Rabu sore di gedung wanita, atau dan salah satunya juga di spot center di stadion, jika spot center nya di gunakan maka kami pindah ke gedung wanita. Kami mengajak bapak ibu semua yang ingin ikut bergabung silahkan, jadi ibu-ibu yang sudah merasakan manfaat dari senam ini mari mengajak temen-temennya lagi. Selanjutnya tugas perwatusi adalah membentuk club-club senam. Setelah senam ini diperkenalkan, harapannya di RSUD ini ada club senam khusus Osteoporosis,” sebutnya.

Sementara itu, dr Irianto mengatakan bahwa, RSUD Puri Husada Tembilahan ikut memperingati Hari Osteoporosis Sedunia karena memang problem tulang-tulang rapuh di Indonesia memang banyak.

“Termasuk di Tembilahan itu banyak juga, jadi kita sekarang membudayakan bahwa umemperhatikan tulang. Karena apa ? Karena pembentukan tulang itu sebenarnya dari kecil, dari kandungan, maka harus di jaga,” katanya.

Terakhir, kata dr Irianto, memasuki masa tua harus rutin menjaga kesehatan, dengan mengkonsumsi calcium, minum susu dan makanan – makanan yang mengandung calcium.

“Minum susu, makan ikan, sayur, berjemur bergerak badan itu akan menghasilkan nanti tulang yang kuat, karena tulang merupakan investasi kita untuk di masa tua, karena tulang yang terbentuk dari kecil itu akan lebih kuat di usia tua. Apalagi sekarang ini wanita yang memasuki masa menopause harus menjaga tulang agar terhindar dari Osteoporosis,” pungkasnya.*