Inhil – Meski terletak cukup jauh di pelosok desa, namun keberadaan Perpustakaan Letda M Boya di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Satu Atap Desa Sungai Rukam layak menjadi rujukan bagi perpustakaan sekolah lainnya yang ada di Kecamatan Enok, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Inhil, H Yulizal saat diwawancarai awak media usai berkunjung dan memberikan pembinaan perpustakaan secara langsung di sekolah yang dipimpin oleh Dahlia, Jum’at 19 Maret 2021.

Dikatakan Yulizal, setelah kondisi bangunan dan tata kelola Perpustakaan Letda M Boya, dirinya merasa puas bersyukur, karena kepala sekolah, majelis guru dan pengelola pustaka sangat aktif dan peduli terhadap perpustakaan sekolah.

BACA :  Setelah Bimtek, KDPAD Inhil, H Yulizal Berharap Peserta Dapat Meningkatkan Minat Baca Kepada Anak

“Sudah cukup banyak kita perhatikan perpustakaan sekolah yang ada di Inhil, kebanyakan bangunan dan tata kelolanya jauh dari standar, tapi di sekolah ini kita lihat sudah mengacu dengan standar di kabupaten, padahal ini jauh di desa. Ini tentu karena kepedulian dan kreatifitas dari seluruh jajaran di sekolah ini, khususnya Kepala SMPN Satu Atap Sungai Rukam,” ujarnya.

Ke depan, Yulizal berharap pencapaian yang positif tersebut bisa terus ditingkatkan, seperti koleksi buku yang baru sekitar 300 lebih. Dimana sebenarnya, untuk SMP minimal harus ada sebanyak 1.500 buku fiksi dan non fiksi.

BACA :  Siap Ikuti Lomba Perpustakaan Tingkat Provinsi, SMKN 1 Tembilahan Berbenah Diri

“Walaupun perpustakaan ini masih tergolong baru, tapi pengelolaan dan penataannya sudah sangat baik. Ini bisa menjadi contoh dan rujukan bagi perpustakaan sekolah lainnya di Kecamatan Enok, yang ingin berbenah dan terus memajukan perpustakaan,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala SMPN Satu Atap Desa Sungai Rukam, Dahlia menyatakan sangat menyambut baik kedatangan dan pembinaan yang diberikan oleh jajaran DPAD terhadap perpustakaan yang ada di sekolahnya.

“Rencana ke depan, kami akan melengkapi koleksi buku-buku literasi dan penyediaannya dalam bentuk e-book. Kami juga mohon bimbingan dan arahan dari DPAD agar perpustakaan ini semakin baik,” kata Dahlian seraya mengungkapkan bahwa selain buku, Perpustakaan Letda M Boya juga memajang berbagai karya anak didiknya yang berbentuk kerajinan tangan dan lain-lain.

BACA :  Majukan Literasi dan Taman Bacaan, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Luncur Inovasi "TALI SERAT"

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan peresmian nama Perpustakaan Letda M Boya dan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara pihak sekolah dengan Kepala DPAD Inhil Yulizal, serta penyerahan buku oleh Penggiat Literasi yang juga Ketua Atpusi Inhil, Darmaiyah kepada Kepala SMPN Satu Atap Desa Sungai Rukam, Dahlia.

Turut hadir saat itu, Korwil UPTD Disdik Enok H Syahril, Kasi Pengembangan Koleksi Bahan Perpustakaan DPAD Hj Kasmawati, serta Kasi Layanan Otomasi kerjasama Pengembangan Perpustakaan dan Kegemaran Membaca DPAD, Siti Marwah.

Previous articleSB Bintan Best 2 Diluncurkan, Melayani Penumpang dari Kundur ke Harbour Bay Batam
Next articleBerkunjung Ke Kepri, Menparekraf Sandiaga Uno Mengajak Bangkitkan Pariwisata