Peru Pastikan Terlibat Dalam Pesta Kesenian Bali (PKB) 2018

    Denpasar – Negara Peru memastikan diri untuk terlibat dan meramaikan Pelaksanaan Pesta Kesenian Bali (PKB) 2018. Menurut rencana PKB tahun ini akan digelar pada 16 Juni 2018 mendatang.

    BACA: PKB Diharapkan Jadi Wahana Ekspresi Seniman Bali

    Usulan keterlibatan Peru disampaikan Gubernur Bali Made Mangku Pastika saat menerima audensi Duta Besar Peru Julio Cardenas di Ruang Kerjanya, Kantor Gubernur Bali, Jumat (19/1).

    Peru sendiri merupakan salah satu negara dengan peradaban sejarah yang panjang di Amerika Latin. Kekayaan budaya yang dimilikinya merupakan salah satu kemiripan yang dimiliki Peru dengan Bali. “Berkunjung ke Indonesia tidak berkunjung ke Bali sama seperti ke Amerika Selatan tapi tidak berkunjung ke Machu Pichu,” kata Dubes Peru Julio Cardenas.

    Sebelumnya, pemerintah Peru telah melaksanakan pameran fotografi di beberapa tempat di Asia seperti Malaysia, Jepang dan Jakarta. Bali diharapkan bisa menjadi destinasi berikutnya untuk menampilkan dokumentasi kebudayaan Peru. Itulah sebabnya, Gubernur Bali Made Mangku Pastika menilai Pesta Kesenian Bali sebagai ajang yang tepat untuk menampilkan pameran seni ini.

    “Kita bisa berikan tempat untuk melakukan pameran seni bekerjasama dengan ISI (Institut Seni Indonesia),” kata Pastika.

    Pastika tak menampik bahwa Ia pernah membaca adanya hubungan historis antara Bali dengan Peru. Hal ini sangat dimungkinkan dengan peradaban sejarah yang sangat panjang yang dimiliki masyarakat Peru dan Bali. Pastika berharap kerjasama ini akan meningkatkan hubungan baik antara Peru dan Indonesia.

    BACA: Seniman Tiongkok Kagumi Seni-Budaya Bali

    Pada kesempatan ini Dubes Cardenas juga menyampaikan rencana pemerintah Peru untuk membuka Honorary Consul di Bali. Selain itu untuk mendukung pariwisata di Bali, pihaknya berencana meramaikan kuliner di Bali dengan memperkenalkan makanan khas Peru di restoran tertentu.*