Kundurnews – ISLAMABAD — Sebuah pesawat Pakistan yang membawa 47 penumpang, jatuh di kota Havelian, Abbottabad, Provinsi Khyber Pakhtunkhwa, Rabu (7/12). Pesawat dilaporkan milik Maskapai Penerbangan Pakistan International Airlines (PIA) dengan nomor penerbangan PK661.

Otoritas penerbangan Pakistan mengatakan, pesawat sedang melakukan penerbangan domestik dari kota pegunungan Chitral ke ibukota Islamabad. Sebelumnya, pesawat jenis turboprop ATR-42 ini dilaporkan hilang kontak dalam perjalanan dari Chitral.

“Sebuah pesawat telah jatuh dan penduduk setempat mengatakan kepada kami, pesawat itu terbakar. Petugas penyelamat sedang berada dalam perjalanan, namun belum mencapai lokasi,” ujar seorang petugas polisi setempat, Saeed Wazir, dikutip Arab News.

Bencana udara terakhir di Pakistan terjadi pada 2015 lalu, ketika sebuah helikopter militer Pakistan jatuh di sebuah lembah terpencil di utara. Insiden itu menewaskan delapan orang penumpangnya, termasuk utusan khusus dari Norwegia, Filipina dan Indonesia.

Kecelakaan udara mematikan lainnya terjadi pada 2010, ketika sebuah Airbus 321 milik maskapai penerbangan swasta Airblue yang terbang dari Karachi menabrak bukit di luar Islamabad. Seluruh penumpang sebanyak 152 tewas di lokasi kejadian.

 

(republika)