PT Oiltanking Pindahkan Investasinya dari Malaysia ke Karimun

KARIMUN – PT Oiltanking dipastikan bakal memindahkan investasinya yang saat ini juga berdiri di negara tetangga Malaysia untuk ekspansi ke Kabupaten Karimun. Kepastian itu disampaikan Kepala Badan Pengusahaan Kawasan (BP Kawasan) Kabupaten Karimun, Cendra Nawazir.

BACA: PT Oiltanking Bawa Nama Karimun, Dapatkan Award Nasional 7 Juta Jam Tanpa...

Dikatakan Cendra, pemindahan investasi di Kabupaten Karimun itu hanya semata untuk mencari keuntungan bagi perusahaan skala dunia tersebut. Sehingga mereka melirik Kabupaten Karimun yang dinilai memiliki prospek yang cukup bagus.

“Memang saat ini sudah ada PT Oiltanking yang bediri di Teluk Paku Kelurahan Pasir Panjang Kecamatan Meral Barat. Nantinya akan mereka gabungkan perusahaan yang ada di Malaysia untuk bersama-sama di Karimun ini, keuntungan yang mereka dapat nanti akan lebih besar,” kata Cendra, Kamis (22/3).

Candra mengaku sudah bertemu dengan manageman PT Oiltanking di Malaysia dan mereka sudah meminta apa yang dibuthkan ketika nantinya melakukan ekspansi investasi. Kelanjutan dari pertemuan itu adalah, pihak manageman perusahaan penampungan minyak dunia itu akan bertandang ke Kabupaten Karimun dalam pekan depan guna membahas kelanjutan dari rencana mereka.

“Untuk pemindahan investasi mereka tidak perlu lahan lagi, karena PT Oiltanking juga sudah berdiri di Kabupaten Karimun, sehingga yang perlu mereka lakukan hanyalah pemindahan minyak yang mereka tampung di Malaysia ke Kabupaten Karimun, dengan menggunakan terminal penampungan yang sudah ada dalam intensitas yang cukup tinggi nantinya,” jelas Candra.

Selain menambah nilai investasi, dampak lain yang akan dirasakan Kabupaten Karimun menurutnya adalah meningkatkan kondisi perekonomian. Karena akan banyak kapal yang masuk ke Karimun sehingga akan ada pemasukan dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) bagi Kabupaten Karimun. Kemudian, akan ada awak kapal yang turun, lalu kapal membeli bahan makanan. Sehingga dinilai akan mampu memberikan perbaikan ekonomi.

“Tidak ada yang perlu kita siapkan lagi. Karena BP Kawasan pun hanya akan memberikan surat certifikat original (CO) yang berfungsi sebagai surat hak paten atas produk minyak mereka. Nantinya akan ada aktifitas mencampurkan minyak untuk menciptakan produk minyak lainnya dan hasil dari produk itu adalah buatan dari Kabupaten Karimun yang diproduksi PT Oiltanking. Ini akan mengurangi pajak bagi mereka,” katanya.

Candara pun berani menjamin kepastian perusahaan asal Korea itu mencapai 90 persen untuk memindahkan investasinya ke Kabupaten Karimun.(*)