Kundur News. Seperti dugaan banyak pihak, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI-P Puan Maharani akhirnya dipilih sebagai salah satu menteri dalam Kabinet Kerja pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Puan mendapat posisi Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Puan menampik keterpilihannya itu lantaran dia adalah anak dari Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri.

“Kita harus lihat kinerja yang alhamdulillah sudah saya lakukan sebagai orang yang ada di partai politik. Posisi saya bukan hanya keluarga atau anak dari ketum parpol, tapi harus dilihat juga apa yang sudah saya lakukan,” ujar Puan kepada wartawan usai acara perkenalan di taman tengah Istana Kepresidenan, Minggu (26/10/2014).

Puan merasa apa yang dilakukannya dalam membesarkan partai sudah cukup besar. Selain itu, dia juga mengaku sudah menjalani proses seleksi melalui penelusuran jejak rekam oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Oleh karena itu, mantan Ketua Fraksi PDI-P itu meminta masyarkat untuk memberi kesempatan kepadana dalam terlibat dalam pemerintahan. “Diberikan ruang kepada saya. Jangan karena anak keluarga dan titipan, tapi lihat dulu satu amanah yang insyallah bagaimana saya lakukan sebaik-baiknya,” imbuh dia.

Meski berkomitmen menjaga amanah sebaik mungkin, Puan rupanya masih kebingungan akan tugasnya sebagai Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. “Saya belum ada gambaran,” ucap Puan saat ditanya fokus kerjanya sebagai menteri nanti.