Home Featured Pupuk Limbah Tebu dan Batang Pisang, Antarkan SMK Kundur Juara FIKSI SMK Nasional

Pupuk Limbah Tebu dan Batang Pisang, Antarkan SMK Kundur Juara FIKSI SMK Nasional

0
Pupuk Limbah Tebu dan Batang Pisang, Antarkan SMK Kundur Juara FIKSI SMK Nasional

Karimun – SMK Negeri Kundur Kabupaten Karimun menorehkan prestasi yang membanggakan nama Kepulauan dengan berhasil meraih Juara – Festival Inovasi Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) Jenjang SMK Tingkat Nasional Tahun 2022. Pelajar kebanggaan Kepulauan Riau ini diwakili oleh Abdul Ikhlas Rezeki Arafat (Kelas XI Jurusan Agribisnis Tanaman Perkebunan) sebagai Ketua Tim dan Misri (Kelas XII Jurusan Agribisnis Tanaman Perkebunan) sebagai anggota.

Inovasi yang berhasil mengantarkan mereka juara diberi nama KOMPLIT.

“Komplit adalah produk kompos olahan yang terbuat dari batang pisang dan limbah tebu, yang kami olah sedemikian rupa sehingga menjadi pupuk. Kami berharap ‘KOMPLIT’ dapat diproduksi secara massal, sehingga menjadi alternatif kompos pemasok pupuk organik di pulau Kundur untuk membantu masyarakat petani”, ujar Abdul Ikhlas, Kamis, (17/11/22).

FIKSI SMK adalah perlombaan di bidang inovasi dan wirausaha yang digelar Pusat Prestasi Nasional (Pusresnas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang mempertemukan seluruh siswa SMK (dilaksanakan daring sejak tahun 2020) untuk berkompetisi terkait dengan rencana usaha dan pengembangan usaha yang bisa dikembangkan. FIKSI SMK dilaksanakan dalam 3 babak pertandingan, Tahap 1 dengan menjaring seluruh proposal yang masuk dari SMK seluruh Indonesia, kemudian dipilih 30 besar untuk masuk ke Tahap 2 yang kemudian diseleksi kembali 10 besar untuk masuk ke Babak Final.

“Tahun 2021 kami juga mencapai Final di bidang teknologi digital (KuTani), namun belum berkesempatan menang. Di tahun 2022, kami mengutus 4 tim yang berhasil sampai Semi Final, dan tim Komplit ini yang maju ke Final. Alhamdulillah, bisa menjadi juara. Sebuah kebanggaan bagi kami, namun ini juga pekerjaan rumah yang tidak mudah untuk terus mempertahankan eksistensi dan prestasi sekolah sebanyak ini. Semoga tahun depan, bisa lebih dari sekarang.” ujar Harja Saputra selaku pembimbing.

Babak Final FIKSI SMK dilaksanakan secara daring sejak tanggal 14 November, dan ditutup secara resmi hingga 17 November 2022 oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim.*