Home Riau INHIL Safari ke Inhil Gubri Sempatkan Ziarah ke Makam Tuan Guru Syekh Abdurrahman Siddiq 

Safari ke Inhil Gubri Sempatkan Ziarah ke Makam Tuan Guru Syekh Abdurrahman Siddiq 

0
Safari ke Inhil Gubri Sempatkan Ziarah ke Makam Tuan Guru Syekh Abdurrahman Siddiq 

Inhil — Gubernur Riau (Gubri) H. Syamsuar melakukan safari Ramadhan di Kabupaten Inhil. Dalam kesempatan ini, Gubri H. Syamsuar didampingi Bupati Inhil H. Muhammad Wardan berkesempatan berziarah ke Makam Tuan Guru Syekh Abdurrahman Siddiq Bin Syekh Muhammad Afif Al Banjari atau yang lebih dikenal dengan nama Tuan Guru Sapat di Kampung Hidayat, Desa Teluk Dalam, Kecamatan Kuala Indragiri (Kuindra), Selasa (11/04/2023).

 

Turut hadir dalam kesempatan, Kadis PUPR Provinsi Riau, Asisten II dan III Bupati Inhil, serta beberapa Kepala OPD terkait dilingkungan Pemkab.

Ziarah yang dilakukan ini sekaligus melihat langsung makam yang diketahui merupakan cagar budaya, selain itu juga merupakan objek wisata religi yang harus dilestarikan.

 

Gubri Syamsuar dalam wawancaranya mengatakan, makam ini termasuk lokasi wisata religi, yang mana setiap tahun banyak pengunjung berdatangan baik pada waktu haul maupun pada waktu tertentu.

 

Ditambahkannya, Tuan Guru Sapat ini adalah seorang ulama besar pada zamannya, beliau pernah menjadi mufti pada waktu kerajaan Indragiri.

 

“Oleh karena itu patut kita pelihara, karena ini merupakan suatu kunjungan tentunya kita berharap ada kelengkapan-kelengkapan imfrastruktur yang sangat dibutuhkan sebagai penunjang dari lokasi destinasi wisata religi ini” ucapnya.

 

Selanjutnya Gubri Syamsuar juga telah menginstruksikan Kadis PUPR Riau untuk melakukan kembali pengaspalan jalan menuju makam.

 

“Sebelumnya Kan jalan ini dikerjakan oleh Dinas PUPR Provinsi. Namun saya rasa belum sempurna, oleh karena itu saya meminta untuk dilakukan pengaspalan kembali supaya lebih bagus” tutup Gubri.

 

Sumber Prokopim Setda Inhil